Kodim 1616/Gianyar melaksanakan kegiatan komunikasi sosial (Komsos) dengan Aparat Pemerintahan Kabupaten Gianyar bertempat di Gedung Manunggal TNI Rakyat Kodim 1616/Gianyar Rabu (12/6). (BP/Istimewa)

GIANYAR, BALIPOST.com – Kodim 1616/Gianyar melaksanakan kegiatan komunikasi sosial (Komsos) dengan Aparat Pemerintahan Kabupaten Gianyar bertempat di Gedung Manunggal TNI Rakyat Kodim 1616/Gianyar Rabu (12/6). Ini merupakan langkah TNI AD bersama aparat Pemkab Gianyar bersinergi dalam mengatasi dampak perubahan iklim.

Dandim Gianyar Letkol Cpn I Gede Winarsa, S.H., M.Han mengatakan komsos dalam rangka meningkatkan sinergitas TNI dengan Aparat Pemerintahan di wilayah Kodim 1616/Gianyar untuk mendukung kebijakan-kebijakan Pimpinan TNI AD. Ini mendukung kebijakan keamanan nasional serta bersama-sama membangun kesadaran dalam menghadapi ancaman perubahan iklim.

Baca juga:  Kodim 1617 Bertemu Keluarga Besar TNI di Jembrana

Dijelaskannya, perubahan iklim global telah menyebabkan berbagai dampak negatif, naiknya permukaan air laut, perubahan pola curah hujan, kebakaran hutan selain itu perubahan iklim juga mempengaruhi ketersediaan air bersih untuk konsumsi dan kebutuhan industri, semua ini berpotensi menyebabkan kerugian besar terhadap ekosistem, keberlanjutan sumber daya alam dan kesejahteraan masyarakat.TNI AD bersama Kementerian dan lembaga pemerintah memiliki peran yang sangat penting dalam menghadapi tantangan perubahan iklim di indonesia. “Penyelenggaraan kegiatan komsos ini juga bertujuan memelihara, meningkatkan dan menjalin sinergitas antara TNI AD dengan Aparat Pemerintah dalam pemahaman tentang dampak perubahan iklim dan mengatasinya,” ucap Dandim 1616.

Baca juga:  Ungkap Fakta Gas Air Mata di Tragedi Kanjuruhan, Kapolri : Ada 20 Terduga Pelanggar

Kegiatan Komsos dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Ahli Muda Pengendali Dampak Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gianyar I Wayan Subawa, STP. MP tentang “Peran Teknologi Pengelolaan Sampah Berbasis Kearipan Lokal Dalam Rangka Menghadapi Perubahan Iklim”. Dilanjutkan penyampaian materi oleh Kapten Inf Hengki Histoveri tentang Pokok – Pokok Kebijakan Kasad Bidang Teritorial Tahun 2024.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kasdim 1616/Gianyar Mayor Arh Pande Made Sudarta. Pjs. Pasi Ter Kodim 1616/Gianyar Kapten Inf Cokorda Agung Semadi, Pasilog Kodim 1616/Gianyar Kapten Inf.Hengki Histoveri, Pasandi Kodim 1616/Gianyar Lettu Inf Bambang Sutikno, Dishub Gianyar, I Wayan Madia, Kesbangpol, I Nyoman Yasa, SH, dan Satpol PP Gianyar. (Wirnaya/balipost)

Baca juga:  Kerap Dipakai Kumpul Sambil Minum Miras, Petugas Gabungan Awasi Lapangan Puputan Badung
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *