Alat berat mulai bekerja di lokasi jalan jebol di ruas Jalan Bebalang-Tamanbali tepatnya di Banjar Sidawa, Desa Tamanbali. (BP/Dokumen)

BANGLI, BALIPOST.com – Bertahun-tahun jebol, ruas jalan Bebalang-Tamanbali tepatnya di Banjar Sidawa, Desa Tamanbali, akhirnya diperbaiki. Perbaikan jalan tersebut dibiayai dengan APBD Bangli.

Berdasarkan pantauan Selasa (18/6), sebuah alat berat sudah mulai bekerja di lokasi jalan jebol. Akses jalan menuju lokasi pun telah dipasangi papan pemberitahuan bahwa sedang ada pengerjaan perbaikan jalan di jalan tersebut.

Sementara itu dari papan proyek yang ada di lokasi, proyek perbaikan jalan dengan nilai kontrak Rp 1, 2 miliar lebih itu dikerjakan oleh PT. Sida Dadi Prekanti. Waktu pelaksanaan selama 160 hari kalender.

Baca juga:  Jalan Rusak di Nusa Penida, Rekanan Siap Perbaiki

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPRPerkim) Kabupaten Bangli Dewa Widnyana Maya dikonfirmasi membenarkan jalan jebol di Sidawa sudah mulai diperbaiki. Dikatakan bahwa perbaikan jalan tersebut menggunakan anggaran APBD Bangli.

Seperti yang diketahui ruas jalan Bebalang-Tamanbali yang jebol awal 2021, sempat direncanakan ditangani dengan dana hibah rekontruksi dan rehabilitasi (RR) dari pemerintah pusat. Pemkab Bangli melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) pun telah mengusulkan perbaikan ruas jalan Bebalang -Tamanbali bersama dengan tujuh ruas jalan lainnya ke pemerintah pusat 2021 lalu, dengan total nilai usulan mencapai Rp 8,6 miliar lebih.

Baca juga:  Bangli Perbaiki Saluran Irigasi Sepanjang 3.392 Kilometer

Kabarnya usulan dana hibah RR tersebut sudah disetujui pemerintah pusat dan sudah masuk ke Kementerian Keuangan. Dari total 68 kabupaten kota di Indonesia yang mengajukan usulan hibah dana RR ke BNPB, Bangli termasuk dalam 20 kabupaten/kota yang usulannya masuk tahap I untuk diproses di Kementerian Keuangan. Namun demikian, karena tak kunjung ada kepastian dari pusat kapan dana itu akan cair, Pemkab Bangli pun akhirnya memutuskan memperbaiki ruas jalan Bebalang-Tamanbali dengan APBD. (Dayu Swasrina/Balipost)

Baca juga:  Akses Jalan Ababi-Budakeling Jebol
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *