Peresmian kemitraan antara Telkomsel Enterprise, USSI, dan LPD digelar di Nusa Dua, Badung, Jumat (5/7). (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – LPD sebagai lembaga keuangan memiliki peran penting dalam perekonomian lokal dan pengelolaan dana adat di Bali. Guna memperluas akses keuangan masyarakat di tengah era global, LPD mulai memanfaatkan teknologi untuk pembayaran.

Dikatakan Ketua Badan Kerja Sama LPD Provinsi Bali, I Nyoman Cendikiawan pihaknya menyadari layanan secara digital sangat penting dalam meningkatkan akses masyarakat. Untuk itu, LPD bekerja sama dengan Telkomsel dan PT USSI. “Kami dapat meningkatkan layanan kami dan mencapai lebih banyak masyarakat yang membutuhkan akses ke layanan keuangan,” ujar Cendikiawan, Jumat (5/7) di Nusa Dua saat peresmian kemitraan antara Telkomsel Enterprise, USSI, dan LPD.

Baca juga:  Gunakan QRIS, Jualan Jadi Makin Cuan

Kemitraan ini tidak hanya memperluas akses layanan keuangan digital, tetapi juga meningkatkan efisiensi operasional. Juga, memberikan pengalaman yang lebih baik bagi nasabah LPD dan masyarakat Bali.

Direktur Utama Telkomsel, Nugroho, mengatakan kerja sama ini untuk mempercepat implementasi platform Gerai Pintar dengan solusi end-to-end yang disediakan oleh Telkomsel, termasuk konektivitas jaringan yang andal dan platform pembayaran digital yang aman. PT USSI akan menyediakan perangkat lunak dan dukungan teknis yang diperlukan untuk memastikan kelancaran operasional.

Baca juga:  Segini, Jumlah Sampah yang Dikumpulkan dalam "Suksma Bali"

Sementara LPD Provinsi Bali, yang kini memiliki lebih dari 2,2 juta nasabah, akan berperan sebagai stakeholder utama lembaga keuangan desa adat.

“Kerja sama ini mencerminkan komitmen untuk mendorong transformasi digital di ekosistem bisnis Indonesia secara inklusif dan berkelanjutan. Melalui penyediaan solusi telekomunikasi dan teknologi finansial yang terpadu serta pemanfaatan jaringan layanan LPD Provinsi Bali, kami berharap dapat menghadirkan kontribusi yang bermakna dalam mempercepat inklusi keuangan,” ujar Nugroho dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga:  Dukung Pelaksanaan Sidang IPU, Jaringan dan Pelayanan Pelanggan Dioptimalisasi

Sementara itu, Maman Tirta Rukmana, CEO USSI Group menambahkan kerja sama ini langkah penting dalam upaya untuk memperluas jangkauan solusi teknologi yang dikembangkan ke lembaga keuangan mikro di seluruh Indonesia. (kmb/balipost)

BAGIKAN