PM Inggris, Keir Starmer. (BP/Wikipedia)

LONDON, BALIPOST.com – Keir Starmer resmi menjabat sebagai Perdana Menteri Inggris. Starmer dilantik oleh Raja Charles III pada Jumat (5/7).

Dilansir dari Kantor Berita Antara, dalam pidato nasional pertamanya di Downing Street, Starmer menekankan komitmen terhadap persatuan, pelayanan publlik dan awal baru bagi bangsa.

Membuka pidatonya, Starmer memuji pendahulunya, Rishi Sunak. Sunak dipuji karena peran perintisnya sebagai perdana menteri pertama Inggris keturunan Asia, serta dedikasi dan kerja kerasnya.

“Kami mengakui dedikasi dan kerja keras yang dia berikan kepada kepemimpinannya,” katanya.

Starmer kemudian membahas erosi kepercayaan terhadap politik Inggris, dengan menyatakan bahwa hal itu hanya dapat dipulihkan melalui tindakan, bukan kata-kata.

“Sudah jelas bagi semua orang bahwa negara kita memerlukan perubahan yang lebih besar. Penemuan kembali siapa kita sebenarnya,” katanya.

Dia menekankan perlunya politisi mengetahui kapan harus mengubah arah.

Berkaca pada tantangan sosial ekonomi yang dihadapi jutaan orang, Starmer berjanji bahwa pemerintahnya akan bekerja tanpa kenal lelah untuk memulihkan kepercayaan masyarakat.

Baca juga:  Ratu Elizabeth Wafat, Ini Sejumlah Hal yang Diubah Inggris

“Sudah terlalu lama kita menutup mata ketika jutaan orang terjerumus ke dalam ketidakamanan yang lebih besar,” katanya, seraya berjanji melakukan upaya setiap hari untuk mendapatkan kembali kepercayaan masyarakat.

Starmer meyakinkan negaranya bahwa pemerintahannya “tidak terbebani oleh doktrin” dan hanya fokus pada melayani kepentingan publik.

“Mulai sekarang, Anda memiliki pemerintahan yang tidak terbebani oleh doktrin, dan hanya dipandu oleh tekad untuk melayani kepentingan Anda,” janjinya.

“Apakah Anda memilih Partai Buruh atau tidak, pada kenyataannya, terutama jika Anda tidak memilihnya, saya katakan secara langsung kepada Anda: Pemerintahan saya akan melayani Anda,” katanya.

“Politik dapat menjadi kekuatan untuk kebaikan. Kami akan menunjukkannya. Kami telah mengubah Partai Buruh, mengembalikannya ke layanan, dan begitulah cara kita memerintah. Negara yang pertama, partai yang kedua,” tambahnya.

Baca juga:  Boris Johnson Sampaikan Pidato Pengunduran Diri Jadi PM

Partai Buruh telah memenangkan pemilihan parlemen, mengamankan 326 kursi yang dibutuhkan untuk memperoleh mayoritas di House of Commons (Dewan Rakyat/Majelis Rendah).

Partai tersebut memenangkan 412 kursi di House of Commons yang memiliki 650 kursi, sementara Konservatif memperoleh 121 kursi.

Partai Buruh juga memenangkan daerah pemilihan “Tembok Merah” seperti Bolsover, dan daerah pemilihan penentu arah seperti Nuneaton dan Stevenage.

Angela Rayner telah ditunjuk sebagai wakil perdana menteri sekaligus sekretaris negara untuk pemerataan, perumahan dan masyarakat.

Rayner, yang merupakan tokoh terkemuka Partai Buruh, akan memainkan peran penting dalam mendorong agenda pemerintah pada isu kesetaraan sosial dan reformasi perumahan.

Rachel Reeves juga membuat sejarah dengan menjadi perempuan pertama yang menjabat sebagai menteri keuangan di Inggris.

Dalam 800 tahun sejarahnya, jabatan kepala Departemen Keuangan belum pernah dipegang oleh perempuan hingga saat ini.

Baca juga:  Paslon Setujui Desain Surat Suara di Pilkada Tabanan

Reeves, yang mengungkapkan rasa hormatnya atas pengangkatan tersebut, berkata: “Merupakan kehormatan seumur hidup saya untuk diangkat menjadi Menteri Keuangan. Pertumbuhan ekonomi adalah misi Partai Buruh. Sekarang, itu menjadi misi nasional.”

Pengangkatannya menandai pecahnya salah satu “hambatan tak kasat mata” yang tersisa dalam politik Inggris, sementara jabatan kepala eksekutif DPR di Parlemen Inggris sampai saat ini belum pernah dipegang oleh seorang perempuan.

Selanjutnya, David Lammy diangkat menjadi menteri luar negeri, mengambil alih hubungan internasional Inggris selama periode krusial yang ditandai oleh tantangan ekonomi global dan ketegangan geopoliitk

Berikutnya, Yvette Cooper telah ditunjuk sebagai menteri dalam negeri, bertugas mengawasi keamanan dalam negeri, imigrasi, serta hukum dan ketertiban negara.

John Healey akan menjabat sebagai menteri pertahanan, jabatan yang bertanggung jawab atas strategi pertahanan negara dan angkatan bersenjata. (kmb/balipost)

BAGIKAN