JAKARTA, BALIPOST.com – Selama 5 tahun terakhir menjadi masa yang penuh tantangan bagi Indonesia dan dunia pada umumnya. Di 5 tahun terakhir, berbagai persoalan terjadi, seperti wabah COVID-19, perang Rusia-Ukraina, dan krisis ekonomi.

Meski pun menghadapi tantangan, Presiden Joko Widodo dalam pidatonya di pembukaan rapat kerja nasional XVI Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia, Rabu 10 Juli 2024, memaparkan bahwa Indonesia berhasil meraih berbagai capaian di tengah beragam tantangan global.

Baca juga:  Makin Landai! Tambahan Kasus COVID-19 Nasional Capai Belasan Ribu

Ia mengingatkan ke depan tantangan tidak semakin gampang. Untuk itu ia menekankan perlunya bersikap adaptif dan melakukan inovasi.

Inovasi ini dikatakannya kebanyakan harus berasal dari daerah. Ia pun mengaku telah blusukan ke berbagai pasar tradisional di daerah untuk mengetahui kondisi ekonomi dan inflasi.

Persaingan antarnegara juga dikatakannya makin ketat sehingga potensi yang ada di daerah harus dikembangkan, baik dari sisi keuangan, pangan, energi, industri, teknologi, dan pariwisata. “Semuanya harus dikembangkan agar bisa mandiri secara ekonomi, seperti yang dilakukan sejumlah negara, misalnya Bhutan,” ujarnya mencontohkan. (Diah Dewi/balipost)

Baca juga:  Sektor Pariwisata Lesu Generasi Muda Diajak Bertani

Tonton selengkapnya di video

BAGIKAN