Presiden menyematkan tanda pangkat perwira penerima Adhi Makayasa (lulusan terbaik) dari Akademi Militer (Akmil) Letnan Dua Infanteri I Made Aditya Wahyu Palguna, Selasa (16/7). (BP/iah)

JAKARTA, BALIPOST.com – Letnan Dua Infanteri I Made Aditya Wahyu Palguna menjadi lulusan terbaik dari Akademi Militer dalam Upacara Prasetya Perwira dan Pelantikan Perwira TNI/Polri di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (16/7).

Dalam siaran langsung yang dipantau di kanal YouTube Sekretariat Presiden, disebutkan bahwa Aditya merupakan putra asal Bali. Putra pasangan I Made Sumerta dan Ni Luh Sumiantari ini menjadi lulusan terbaik di Akademi Militer.

Baca juga:  Tambahan Pasien Sembuh Lampaui Kasus Baru, Korban Jiwa COVID-19 Bali Tetap 2 Digit

Selama menjalani pendidikan, ia pernah didaulat menjadi wakil komandan resimen korps taruna dan jabatan tinggi lainnya.

Sementara itu, dari matra Akademi Angkatan Laut (AAL) Letnan Dua Marinir Mochamad Irvan Sugianto, dari Akademi Angkatan Udara (AAU) Letnan Dua Penerbang Jofanka Hendhico Arintio, dan dari Akademi Kepolisian (Akpol) Inspektur Polisi Dua Theodore Gomgom Octofarrel De Fatima.

Penghargaan Adhi Makayasa adalah penghargaan bagi lulusan terbaik di setiap matra TNI dan Polri. Ada tiga aspek yang dinilai untuk memperoleh penghargaan ini, yakni aspek akademis, jasmani, dan kepribadian.

Baca juga:  Karena Ini, Presiden Jokowi Batal Tinjau Proyek Pusat Kebudayaan Bali

Dalam kesempatan itu, Jokowi melantik 906 perwira Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). Pelantikan itu berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 61/TNI/2024 dan Keputusan Presiden Nomor 62/Polri/2024.

Presiden melantik dan mengambil sumpah calon perwira remaja yang terdiri atas 417 capaja Akademi Militer (Akmil), 129 capaja Akademi TNI AL (AAL), 113 capaja Akademi TNI AU (AAU), dan 247 capaja Akademi Kepolisian (Akpol). (Diah Dewi/balipost)

Baca juga:  Masa Kampanye, Baliho Sosialisasi Paslon Masih Marak
BAGIKAN