Petugas mendatangi TKP kebakaran di Asrama Panti Wisma Anak-anak Harapan, Jalan Anom, Banjar Untal-untal, Desa Dalung. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Asrama Panti Wisma Anak-anak Harapan (Hope Children Home), Jalan Anom, Banjar Untal-untal, Desa Dalung, Badung, Sabtu (3/8) terbakar. Penyebab kebakaran djduga korsleting terminal kabel stop kontak listrik yang berada antara kantor dengan gudang peralatan.

Padahal pengurus sedang mempersiapkan ulang tahun ke-50 asrama tersebut.

Kasi Humas Polres Badung Ipda Putu Sukarma menjelaskan kebakaran tersebut terjadi pukul 12.20 WITA. Asrama itu milik Ni Nyoman Trisnawathy (72). “Beberapa saksi telah dimintai keterangan terkait kebakaran ini,” ujarnya.

Dari keterangan Arya Zmi Dewa Adifia (16), pukul 12.20 WITA, ia sedang makan di depan lorong kamarnya yang berada di belakang ruangan sumber dari api. Saat itu Arya melihat kabel hitam yang menempel di triplek berisi tiga lubang stop kontak mengeluarkan asap.

Baca juga:  Kebakaran Supermarket Bintang Seminyak, Segini Kerugian yang Diderita

Stop kontak tersebut berada tepat di depan lorong kamar perempuan. Arya langsung mengambil satu tabung apar dan langsung disemprotkan ke sumber asap. Isi tabung apar habis tapi asap pekat terus mengepul disusul percikan api.

“Saksi (Arya) mengambil satu tabung apar lagi dipakai memadamkan api tapi gagal. Api semakin besar dan merembet ke bangunan tersebut,” ungkapnya.

Upaya pemadaman terus dilakukan dengan cara menyiram api dengan air menggunakan ember. Tapi sayang api terus membesar dan makin meluas. Arya langsung menyelamatkan diri.

Baca juga:  Penting, Peran BLM Wujudkan Masyarakat Yang Sehat, Mandiri dan Sejahtera

Sementara Fitri Suarini (40) selaku pengurus menjelaskan ia bersama anak-anak panti sedang mempersiapkan kegiatan dalam rangka persiapan acara ulang tahun ke -50. Saat penghuni asrama sedang makan siang, dilihat asap keluar dari ruangan Ketua Panti Asuhan.

Saat pintu dibuka dilihat api sudah berkobar dan merembat ke ruangan kamar anak-anak panti. Dimana dalam ruangan ketua panti terdapat dua showcase dan dua freezer.

Baca juga:  Belasan Ruko di Pasar Baturiti Terbakar

Akibat kejadian itu, api meludeskan ruang aula, kantor, 11 kamar tidur beserta kamar mandi, dan satu dapur.
Terkait kejadian ini sembilan mobil pemadam dikerahkan ke TKP dan api berhasil dipadamkan pukul 14.30 WITA.

“Hasil olah TKP anggota Identitas Satreskrim Polres Badung ditemukan terminal kabel stop kontak hangus terbakar yang berada antara kantor dengan gudang peralatan. Dua freezer dan dua showcase juga terbakar,” kata Ipda Sukarma. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN