Direktur Utama RSBM, I Gusti Ngurah Putra Darma Jaya. (BP/ara)

DENPASAR, BALIPOST.com – Tahapan pilkada 2024 telah memasuki pemeriksaan pasangan calon (paslon) kepala dan wakil kepala daerah. Tes kesehatan untuk sejumlah paslon di Bali, lokasinya di RS Bali Mandara, Sanur.

Direktur Utama RSBM, I Gusti Ngurah Putra Darma Jaya, Sabtu (31/8) mengatakan pihaknya telah melakukan persiapan sejak beberapa hari sebelum pemeriksaan kesehatan. Untuk melengkapi kekurangan dokter, pihaknya mendatangkan dari beberapa rumah sakit di Bali.

Baca juga:  Hari Ini, Nasional Hanya Laporkan 1 Korban Jiwa COVID-19

Total ada 46 dokter spesialis yang melakukan pemeriksaan kepada semua paslon peserta pilkada di Bali ini. Hari pertama paslon melakukan pemeriksaan darah. “Sebelum pemeriksaan darah ini, mereka puasa 8 jam. Usai pemeriksaan darah dilakukan pemeriksaan radiologi,” katanya.

Setelah itu, paslon akan mengikuti pemeriksaan di semua poliklinik mulai dari jantung, gigi dan mulut, THT, mata dan seluruh organ tubuh. Hal ini dilakukan untuk memastikan kesiapan paslon.

Baca juga:  Masuki Hari Keempat! Tambahan Pasien Sembuh COVID-19 Bali Lampaui Kasus Baru

Kemudian pada hari kedua dilaksanakan psikotes dan wawancara terkait hasil tes sebelumnya. Apabila ada kekurangan nantinya akan dilakukan pemeriksaan lanjutan.

Dua paslon Pilkada Denpasar yakni IGN Jaya Negara dan I Kadek Agus Arya Wibawa serta Gede Ngurah Ambara Putra dan I Nengah Yasa Adi Susanto melakukan tes pada Sabtu dan Minggu ini. Hasil cek kesehatan ini akan diserahkan ke KPU kabupaten/kota maupun provinsi pada 4 September mendatang.

Baca juga:  Dari Dua Siswi SMK Tewas Terlindas Truk hingga WNA Kantongi KTP Denpasar

Sementara itu, Ketua KPU Denpasar, Dewa Ayu Sekar Anggaraeni mengatakan jika ada paslon yang dinyatakan tidak mampu sesuai hasil pemeriksaan kesehatan, maka parpol pengusul dapat mengajukan paslon pengganti dalam waktu 3 hari sejak pemberitahuan dari KPU. Hal ini sesuai PKPU 8/2024 Pasal 126. (Asmara Putera/balipost)

BAGIKAN