Tim rugby putri Bali (kiri) berfoto bersama tim lawan dari Yogyakarta sebelum bertanding perebutan medali emas pada final PON XXI yang dimenangkan Bali dengan skor 31-5 di Lapangan X Rugby Lambung, Banda Aceh, Kamis (12/9/2024) (BP/Ant)

BANDA ACEH, BALIPOST.com – Setelah dua tahun menjalani persiapan latihan untuk PON XXI Aceh-Sumatera Utara, tim rugby Bali berhasil meraih emas. Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Bali menyebutkan emas dari cabang olahraga rugby nomor pertandingan X putri sesuai target.

“Akhirnya medali emas pertama kami di Aceh pecah telor,” kata Ketua KONI Bali I Gusti Ngurah Oka Darmawan di Lapangan X Rugby Lambung, Banda Aceh, dikutip dari Kantor Berita Antara, Kamis (12/9).

Ia mengaku terharu tim rugby putri Bali dengan kapten Ni Made Lusiana Gustanti, berjuang jatuh bangun di tengah terik matahari Aceh, mampu mempersembahkan medali emas untuk Pulau Dewata.

Baca juga:  Dari Kesadaran WNA Rendah dalam Disiplin Prokes hingga Warga Denpasar Diminta Jangan Resah

Sementara itu, Manajer Rugby Bali I Made Erawan mengungkapkan timnya berhasil menggaet emas sesuai prediksi dapat mengalahkan lawannya dari Yogyakarta di final.

Adapun tim rugby putri Bali berhasil menumbangkan Yogyakarta dengan skor 31-5 dalam dua babak. “Ini tidak terlepas peran dari KONI Bali, semangat juang atlet, pelatih sehingga apa yang kami targetkan bisa terwujud,” ucapnya.

Sementara itu, pelatih tim rugby putri Bali Wira Ditta Lokantara menambahkan capaian emas itu merupakan yang pertama bagi tim rugby sekaligus memperbaiki capaian medali saat PON XX di Papua yang saat itu merebut perunggu.

Baca juga:  Ingin Sapa Massa Tolak Reklamasi Teluk Benoa, Rai Mantra Datang Tanpa Sudikerta

“Kami menunggu dari dua tahun lalu ketika kami mempersiapkan diri setelah Porprov untuk babak kualifikasi (BK) PON,” katanya.

Ada pun tim rugby Bali mengikuti dua nomor yakni X putra dan putri, dari empat nomor yang dipertandingkan.

Sedangkan tim putra harus pulang ke Bali tanpa medali setelah dikandaskan oleh lawannya tim Kalimantan Timur.

Di sisi lain, kemenangan rugby itu mengukir sejarah kepada Bali karena pertama kali menyabet emas di ajang olahraga terbesar nasional itu. “Kami bangga sekali karena ini emas pertama kami di PON setelah kemarin gagal di semifinal PON Papua,” ucap kapten tim rugby x putri Bali, Ni Made Lusiana Gustanti sembari matanya berkaca-kaca.

Baca juga:  Gecy Incar Medali di PON Papua

Sementara itu, capaian emas kontingen Bali hingga Kamis (11/9) pukul 08.00 WIB mencapai sembilan emas, 10 perak dan 14 medali perunggu atau total 33 medali.

Adapun seluruh medali emas itu didapatkan PON XXI Wilayah Sumatera Utara dan terbaru emas dari rugby untuk pertama didapatkan dari wilayah Aceh. (Kmb/Balipost)

 

BAGIKAN