Ilustrasi penggunaan pelembap untuk mengatasi kulit kering. (BP/Antara)

DENPASAR, BALIPOST.com – Kulit kering sering membuat kita tidak percaya diri tampil di depan umum. Masalah kulit kering ini bisa saja mengganggu keseharianmu dalam beraktivitas di luar ruangan.

Jadi untuk mengatasi hal tersebut, kamu dapat melakukan cara-cara berikut ini, seperti dilansir dari alodokter:

1. Hindari mandi dengan air yang terlalu panas

Ketika mandi menggunakan air hangat diketahui dapat memberikan beragam manfaat bagi tubuh, tetapi ketika kita terlalu sering menggunakan air hangat untuk mandi dimana dapat menghilangkan minyak alami yang berfungsi untuk melembapkan kulit.

Maka dari itu, Batasi mandi air hangat sekitar 5-10 menit saja. Setelah mandi, keringkan menggunakan handuk secara perlahan. Hindari menggosok handuk terlalu keras dikulit badan, karena bisa membuat kulit semakin kering.

Baca juga:  Pertolongan Pertama Jika Tersengat Lebah

2. Gunakan sabun berbahan lembut

Ketika anda mengalami kulit kering, hindari menggunakan sabun atau produk perawatan kulit yang berbahan keras, yang bisa membuat kulit anda semakin tambah kering. Karena kandungan kimia pada produk tersebut bisa membuat kulit rusak dan iritasi, maka dari itu pilihlah sabun berbahan lembut (mildsoap) yang berbahan dasar minyak.

3. Mengunakan pelembab dan sunscreen

Anda yang memliki kulit kering, penggunaan pelembab secara rutin sangat penting dan berpengaruh kepada kesehat kulit agar tetep lembab dan tidak kering. Pilihkah pelembab dengan kandungan ceramide yang dapat meredakan kulit kering, serta asam hialuronat, gliserin, dan urea yang dapat tetep menjaga kulit terhidrasi.

Baca juga:  Pembukaan Bulan Bahasa Bali IV, Wabup Kasta Ingatkan Penggunaan Bahasa Bali Sesuai Sastra

Selain itu, pentingnya mengoleskan tabir surya atau bisa disebut dengan sunscreen dengan kandungan SPF minimal 15 sebelum beraktivitas diluar ruangan.

4. Melakukan eksfoliasi

Tujuan dari melakukan eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati. Dengan cara begitu sel-sel kulit mati dibadan anda bisa terangkat, tidak tertumpuk dan membuat kulit semakin kering. Lakukan eksfoliasi cukup satu kali dalam seminggu saja, jika terlalu sering malahan membuat kulit semakin iritasi.

Cobalah gunakan scrub yang mengandung enzim papain, karena bahan tersebut lebih lembut dan aman digunakan untuk pengelupasan sel-sel kulit mati.

Baca juga:  Tips Cegah Pilek dan Masuk Angin saat Musim Hujan

5. Menutrisi kulit dari dalam

Menutrisi kulit dari dalam juga sangat penting, melalui konsumsi makanan yang mengandung antioksidan dan asam lemak omega-3. Makanan yang kaya antioksidan, seperti bluberi, wortel, tomat, dan kacang polong, yang dapat meminimalkan kerusakan sel kulit mati akibat racun dan merangsang pembentukan sel baru yang sehat.

Sedangkan makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 seperti ikan salmon, dapat membuat kulit semakin lebih cerah.

Selain beberapa cara di atas, penting untuk memenuhi kebutuhan cairan atau sering minum air yang cukup agar kelembapan kulit tetep terjaga dan terhindar dari dehidrasi. (Ni Wayan Lina/balipost)

BAGIKAN