SEMARAPURA, BALIPOST.com – Mega proyek Kawasan Pusat Kebudayaan Bali di Klungkung, diharapkan masyarakat segera dapat terwujud.

Tidak terkecuali, krama Desa Adat Gunaksa, Kecamatan Dawan, Klungkung.

Proyek ini diharapkan segera dapat dilanjutkan pembangunannya, sehingga memberikan dampak besar bagi pemerintah daerah dan krama desa adat di sekitarnya, terutama mampu membuka lapangan kerja baru bagi krama desa di sekitarnya.

Bendesa Adat Gunaksa, I Nengah Ariyanta, belum lama ini mengatakan sejak awal mega proyek itu digagas, krama Desa Adat Gunaksa sudah cukup antusias dan memberikan dukungan penuh.

Baca juga:  Sosialisasi "Nangun Sat kerthi Loka Bali Wujudkan Bali Era Baru" Digelar di Penarukan

Terlebih setelah disosialisasikan, akan dibangun apa saja diatas lahan seluas 300 hektar lebih itu, krama sudah menunggu-nunggu, realisasi Kawasan PKB ini.

Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali, Wayan Koster sebelumnya sudah menegaskan komitmennya untuk menuntaskan tahapan pembangunan Kawasan Pusat Kebudayaan Bali ini. Jika terpilih kembali menjadi Gubernur Bali untuk periode kedua, penyelesaian proyek PKB ini akan menjadi prioritas. Hal itu ditegaskan saat melakukan sosialisasi Haluan Pembangunan Bali Masa Depan 100 Tahun Bali Era Baru 2025-2125 di Klungkung, belum lama ini.

Baca juga:  Soal Puluhan KK "Kasepekang" dari Tri Eka Buana Ingin Pindah ke Klungkung, Bupati Suwirta Angkat Bicara

Dia menyatakan komitmennya itu, karena pembangunan Kawasan PKB ini menjadi cita-cita luhur dalam membangun kembali peradaban Bali, dimana kebudayaan mengalami masa  keemasannya pada masa Kerajaan Gelgel era Dalem Waturenggong.

Ia mengakui banyak pihak mempertanyakan, bagaimana selanjutnya nasib dari mega proyek yang digadang-gadang menjadi peradaban baru kebudayaan di Bali itu. Maka, Koster pun menyampaikan komitmennya, akan menuntaskan cita-cita besar yang telah digagasnya itu, sewaktu masih menjabat sebagai Gubernur Bali periode pertama. (Bagiarta/balipost)

Baca juga:  Masyarakat Banjar Adat Kebon Gelar "Usaba Dangsil"

Tonton selengkapnya di video

BAGIKAN