Ilustrasi. (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Bibir kering dan pecah-pecah sering jadi masalah karena mengganggu penampilan dan dapat menurunkan rasa percaya diri. Bibir pecah-pecah juga menimbulkan rasa tidak nyaman, perih, dan bahkan berdarah.

Berbeda dengan area kulit lain di tubuh, kulit di bibir tidak memiliki kelenjar sebaceous yang dapat menghasilkan pelumas alami untuk menjaga kelembapannya sehingga lebih rentan mengalami kekeringan. Maka dari itu, penting untuk memahami penyebab bibir kering dan pecah-pecah serta cara mencegahnya agar bibir tetap sehat dan lembab sepanjang hari.

Mengutip dari laman Siloam Hospitals, kondisi ini dapat terjadi karena bibir kehilangan kelembabannya. Dimana hal ini dapat dipicu oleh beberapa hal, salah satunya adalah paparan sinar matahari.

Berikut 7 solusi mengatasi bibir kering dan pecah-pecah yang dilansir dari Alodokter :

Baca juga:  Pasar Badung akan Jadi Percontohan SOP Pedulilindungi di Pasar Rakyat

1. Minum air putih yang cukup

Memenuhi kebutuhan cairan  penting dilakukan untuk mencegah tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi. Dehidrasi merupakan salah satu penyebab utama bibir kering. Pastikan Anda tetap terhidrasi dengan minum air putih minimal 8 gelas sehari. Air membantu melembabkan kulit, termasuk bibir, dari dalam ke luar.

2. Makan makanan tinggi vitamin B

Kekurangan vitamin B dapat menyebabkan peradangan pada sudut bibir (angular cheilitis). Viitamin ini membantu memperbaiki sel-sel kulit bibir dan menjaga kelembabannya. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan kaya  vitamin B, seperti telur, daging, ikan, tahu, sayuran berdaun hijau, roti gandum, dan kacang tanah,  menjadi salah satu cara mengatasi bibir kering.

3. Menggunakan pelembab bibir

Pastikan menggunakan lip balm yang mengandung bahan pelembab seperti shea butter, minyak kelapa, dan lilin beeswax. Produk ini  membentuk lapisan pelindung pada bibir Anda dan menjaga kelembapannya dalam waktu lama. Selain itu, pilihlah yang mengandung SPF untuk mencegah sengatan matahari.

Baca juga:  Begini, Cara Sukses Jadi Reseller

4. Menjaga kelembaban udara

Salah satu penyebab bibir kering adalah udara kering. Jika Anda merasa udara di sekitar Anda kering, Anda bisa menggunakan humidifier atau pelembab udara  untuk menjaga kelembapan udara dan mengatasi bibir kering.

5. Berhenti merokok

Merokok juga bisa menyebabkan bibir kering. Pasalnya, nikotin dan senyawa lain dalam tembakau dapat mengurangi pasokan oksigen dan nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan kulit, termasuk kulit  bibir. Kondisi ini  meningkatkan risiko  bibir kering. Oleh karena itu, untuk mengatasi bibir kering sebaiknya berhenti merokok, termasuk penggunaan rokok elektronik (vape).

Baca juga:  Mafia Narkoba Manfaatkan Bandara

6. Menghindari paparan sinar matahari berlebih

Paparan sinar matahari berlebihan juga bisa menyebabkan bibir  kering. Oleh karena itu, untuk mencegah dan mengatasi bibir kering, hindari paparan sinar matahari berlebihan dengan mengoleskan lip balm dengan SPF dan memakai topi saat beraktivitas di luar ruangan.

7. Menggunakan scrub bibir

Sel-sel kulit mati pada bibir bisa menyebabkan bibir tampak pecah-pecah. Lakukan eksfoliasi ringan dengan scrub bibir yang bisa dibuat dari campuran gula dan madu. Ini akan membantu menghilangkan sel kulit mati dan membuat bibir terasa lebih lembut.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mencegah bibir kering dan pecah-pecah, serta menjaga kelembaban bibir sepanjang hari. Jangan lupa untuk menjaga pola makan dan hidrasi tubuh agar bibir tetap sehat dan lembut! (Cahya Dwipayanti/balipost)

BAGIKAN