Genteng berjatuhan akibat gempa 4,8 yang pusatnya di Gianyar pada Sabtu (21/9). (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Puluhan bangunan di Kabupaten Badung terdampak gempa bumi berkekuatan 4,8 yang menguncang Kabupaten Gianyar, Sabtu (21/9) pagi. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat mecatat setidaknya terdapat 57 bangunan yang rusak ringan di delapan wilayah di Gumi Keris

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Badung, I Ketut Murdika seizin Kalaksa BPBD Badung, Wayan Darma, mengatakan pihaknya menerima puluhan laporan terkait kerusakan akibat gempa bumi. Dari laporan yang masuk dampak bencana alam ini terjadi di dua kecamatan, yakni Abiansemal dan Mengwi.

Baca juga:  Gempa Guncang Kuta Selatan, Dirasakan hingga Mataram

“Hingga saat ini tidak ada laporan mengenai korban jiwa akibat gempa tersebut,” ucap Murdika, Sabtu (21/9).

Dari laporan yang masuk untuk wilayah Kecamatan Abiansemal kerusakan terjadi di Desa Mekar Buana sebanyak 13 bangunan, Desa Sibangkaja 7 bangunan, Sibanggede 8 bangunan, Darmasaba 10 bangunan, Mambal 9 bangunan, Desa Sedang 3 bangunan. Sedangkan, di wilayah Kecamatan Mengwi tercatat di Sempidi 5 bangunan rusak dan 2 bangunan di Sading.

Baca juga:  9 Kapal Dikerahkan Angkut Wisatawan di 3 Gili

“Jenis kerusakan yang dilaporkan mencakup atap genteng, pemucu, serta material bangunan yang jatuh dari rumah warga dan fasilitas umum seperti sekolah dan wantilan,” katanya.

Ia menyebutkan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD masih terus melakukan pendataan bersama perangkat desa. (Parwata/balipost)

BAGIKAN