Suasana di kawasan the Nusa Dua, Badung. (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Beragam kegiatan digelar di Bali pada tahun ini. Event berskala nasional hingga internasional ini mampu mendongkrak sektor pariwisata Bali yang dihantam pandemi COVID-19.

Menurut GM InJourney Tourism Development Corporation (ITDC), I Made Agus Dwiatmika, kegiatan yang digelar ini, terutama yang berada di kawasan Nusa Dua mampu mendongkrak tingkat hunian akomodasi wisata. Ia mencontohkan Jambore Nasional Mercedes-Benz Club Indonesia (MB Club Ina) yang akan digelar di Pulau Peninsula, Nusa Dua, memiliki branding yang kuat dan gaungnya juga internasional karena Mercedes-Benz merupakan brand yang premium. “Event-event seperti ini yang kami inginkan karena Nusa Dua menjadi barometer pariwisata Indonesia. Ini, merupakan etalase bagi Bali dan Indonesia,” sebutnya.

Baca juga:  Ini Sasaran Investasi Pariwisata Arab Saudi

Di The Nusa Dua, ungkapnya, terdapat 5.500 kamar. Jika melihat jumlah partisipan yang diperkirakan mencapai 10 ribuan, ia optimis tak hanya okupansi Nusa Dua yang akan penuh, tapi juga destinasi wisata lain di sekitarnya.

Untuk semester I 2024, ia mengatakan tingkat hunian berada di atas 70 persen. Kondisi yang terjadi di Nusa Dua ini, disebutnya, menjadi barometer Bali sudah pulih.

Ketua IMI Bali, Ajik Krisna (kiri), Presiden MB Club Ina, I Made Yoga Mahardika, dan GM ITDC, I Made Agus Dwiatmika saat memberikan keterangan, Sabtu (21/9) di Denpasar. (BP/iah)

Ia pun mengaku antusias The Nusa Dua dipilih sebagai lokasi Jamnas MB Club Ina. Sebab, kegiatan otomotif ini merupakan pengalaman pertama kali bagi The Nusa Dua. “Untuk event seperti ini bisa mengalami peningkatan 5-10 persen,” katanya menjawab pertanyaan terkait dampak penyelenggaraan Jamnas bagi tingkat hunian dan sektor pariwisata di kawasan Nusa Dua.

Baca juga:  Manfaat Perlindungan Sosial Makin Mudah Diakses dengan Aplikasi Digital

Optimisme terdongkraknya sektor pariwisata dengan adanya berbagai event ini juga disampaikan Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bali, Gusti Ngurah Anom.

Pria yang akrab disapa Ajik Krisna itu mengutarakan berbagai kegiatan dunia otomotif, baik itu touring, kompetisi, maupun Jamnas, berkontribusi positif pada pertumbuhan pariwisata Bali. Sebab dalam setiap gelaran, pastinya akan membutuhkan akomodasi, transportasi, cendera mata, dan kuliner.

“Saya sangat bangga sebagai tuan rumah. Kurang lebih 10 ribu partisipan (Jamnas MB Club Ina, red) akan ke Bali yang artinya perekonomian berjalan,” sebut pria yang banyak memiliki usaha di bidang pariwisata ini. (Diah Dewi/balipost)

Baca juga:  Kuliner Jadi Daya Tarik Wisatawan
BAGIKAN