Petugas mengecek keandalan jaringan telekomunikasi dan digital di areal Mandalika dalam menyambut gelaran MotoGP Mandalika yang digelar 27-29 September 2024. (BP/Istimewa)

JAKARTA, BALIPOST.com – Seri balapan MotoGP akan berlangsung di Mandalika International Street Circuit, Nusa Tenggara Barat, pada 27 hingga 29 September 2024. Diperkirakan gelaran bergengsi ini akan menarik hingga ratusan ribu penonton sehingga dipastikan menimbulkan lonjakan trafik data.

Menurut Direktur Network Telkomsel, Indra Mardiatna, seri balapan motor ini diperkirakan ditonton hingga 110 ribu penonton. Ia pun memprediksi akan ada lonjakan trafik layanan komunikasi yang cukup signifikan.

“Oleh karena itu, Telkomsel telah mempersiapkan infrastruktur jaringan terdepan dan terluas, termasuk dengan penambahan BTS dan optimasi jaringan Hyper 5G untuk menjamin kenyamanan berkomunikasi dan berbagi momen di Mandalika melalui berbagai platform digital,” jelas Indra dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga:  Bandara Tutup, Wisatawan Asing Pilih Angkutan KA

Dalam upaya memperkuat jaringan telekomunikasi dan digital di wilayah Mandalika dan sekitarnya, pihaknya 221 BTS 4G/LTE dan 3 BTS Hyper 5G di 75 lokasi jaringan broadband. Jaringan broadband Telkomsel juga telah dioptimalkan dan siap untuk menunjang komunikasi dan kebutuhan digital.

Pengoptimalan jaringan dilakukan di 26 titik keramaian yang menjadi konsentrasi perhelatan internasional tersebut, seperti di lokasi Mandalika International Street Circuit, jalur menuju dan keluar dari sirkuit, bandara, pelabuhan, media center, penginapan, hingga daerah tujuan wisata.

Baca juga:  Buka Kesempatan Start-up Berkembang, NextDev Adakan Roadshow ke Bali

Telkomsel juga memastikan ketersediaan produk dan layanan unggulan bagi pelanggan dan mendukung perkembangan UMKM setempat dengan menghadirkan sejumlah booth di sekitar kawasan, termasuk di bandara, jalur utama bandara hingga Mandalika, sisi luar sirkuit, serta ITDC Mandalika. Di booth, pengunjung dapat mengakses layanan seperti pembelian paket data, isi ulang pulsa, migrasi eSIM, hingga layanan registrasi Prabayar Tourist untuk wisatawan mancanegara.

“Kami berharap, kehadiran konektivitas, solusi, dan layanan unggulan Telkomsel dapat semakin mendukung kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi di Nusa Tenggara Barat, serta memberikan kenyamanan bagi pengunjung dalam menikmati keindahan destinasi wisata super prioritas di Mandalika,” paparnya. (kmb/balipost)

Baca juga:  Sukseskan MotoGP, 5G hingga Tambahan Spektrum Frekuensi Digelar
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *