Polresta Denpasar menggelar deklarasi damai dan doa bersama Pilkada Serentak 2024. (BP/ken)

DENPASAR, BALIPOST.com – Terkait pelaksanaan Pilkada Serentak 2024, Polresta Denpasar menggelar deklarasi damai dan doa bersama di Gedung Pesat Gatra Mapolresta, Jumat (27/9). Tujuannya supaya pelaksanaan pilkada di wilayah Kota Denpasar dan Kabupaten Badung berlangsung aman serta kondusif.

Terkait pengamanan selama kampanye, polresta mengerahkan 517 personel. Jumlah tersebut terbagi 200 personel pengamanan kampanye di Badung dan 317 orang di Kota Denpasar.

Kegiatan tersebut dihadiri pasangan calon Walikota (Bacawali) dan Wakil Walikota (Bacawawali) Denpasar, Gede Ngurah Ambara Putra dan Nengah Yasa Adi Susanto (Ambara-Adi) serta I Gusti Ngurah Jaya Negara dan I Kadek Agus Arya Wibawa (Jaya-Wibawa). Selain itu hadir bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Badung, I Wayan Suyasa-I Putu Alit Yandinata (Suyadinata), I Wayan Adi Arnawa-Bagus Alit Sucipta (AdiCipta).

Baca juga:  Bertemu Kapolresta, KPU Badung Sebut Lapas Kerobokan Titik Rawan Data Pemilih

Kapolresta Denpasar Kombes Pol. Wisnu Prabowo, SIK, MM, menjelaskan deklarasi damai dalam rangka Pilkada Serentak 2024 dan mengundang semua paslon 1 dan 2 Kota Denpasar, paslon1 dan 2 Kabupaten Bandung, stakeholder terkait, forkopimda, tokoh adat dan masyarakat serta tim sukses kampanye. “Kami berharap Pilkada 2024 khususnya di wilayah hukum Polresta Denpasar bisa sama-sama kita laksanakan dengan baik aman, lancar, guyub dan riang gembira. Selain itu kami juga berharap Kamtibmas kondusif, apapun itu hasilnya semuanya sama-sama dapat menerima dan pelaksanaan berjalan aman, damai, lancar serta suka cita,” ujarnya.

Baca juga:  Erupsi Gunung Agung, Polresta Kirim Puluhan Personel ke Bangli

Kombes Wisnu mengharapkan baik di wilayah Badung dan Denpasar, tim kampanye masing-masing paslon sama-sama menjaga situasi kamtibmas yang aman damai dan guyub. Sedangkan saat beri sambutan, Wisnu mengatakan supaya sama-sama menciptakan situasi kondusif menjelang, saat, dan pasca-pilkada.

Kegiatan ini juga diharapkan mempererat sinergi antara instansi terkait, partai politik, dan elemen masyarakat lainnya dalam menjaga keamanan selama pesta demokrasi berlangsung. Selain itu menegaskan komitmennya untuk mengawal Pilkada Serentak 2024 agar berjalan aman dan damai. “Pilkada serentak di wilayah Denpasar dan Badung dengan total Daftar Pemilih Tetap (DPT) 642.813 pemilih akan dilaksanakan dengan kesiapan penuh. Kami sebelumnya telah melewati Pemilu 2024 dengan sukses. Selain itu kami siap mengawal pilkada dengan koordinasi yang baik antara pemerintah, penyelenggara, peserta, serta dukungan masyarakat,” ucapnya.

Baca juga:  HUT Polwan, Kapolresta Klaim Porsi Jabatan Sama

Kapolresta menekankan pentingnya peran serta masyarakat, tim pemenangan, dan simpatisan paslon dalam menjaga kedewasaan dalam berpolitik, khususnya dalam penggunaan media sosial. Ia juga mengingatkan semua pihak agar mematuhi peraturan yang berlaku demi terselenggaranya Pilkada yang aman dan damai.

Dengan sinergi kuat antar instansi, partai politik dan masyarakat, Polresta Denpasar optimis Pilkada Serentak 2024 akan berjalan dengan aman dan damai, mencerminkan nilai demokrasi yang matang serta dewasa. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN