Kotak Suara Tiba di Gudang KPU, Desa Pemaron, Kecamatan Sukasada. (BP/Yud)

SINGARAJA, BALIPOST.com – Sebanyak 2.364 Kotak Suara Pilkada Buleleng, tiba di Gudang KPU, di Desa Pemaron, Kecamatan Buleleng pada Jumat (27/9).

Selain kotak suara, logistik lainnya seperti tinta dan segel plastik juga tiba sejak 20 September 2024 lalu.

Pantuan tim liputan, sejumlah buruh angkut terlihat sedang menurunkan kotak suara dari truk pengangkut. Diketahui ribuan kota suara itu dikirim sejak 20 September 2024 dari gudang PT. Jawi Abadi, Surabaya.

Baca juga:  PDIP Nilai Hoaks Kejahatan Peradaban

Ketua KPU Kabupaten Buleleng, Komang Dudhi Udiyana dikonfirmasi via telepon menjelaskan, sejumlah logistik Pemilukada di Buleleng sudah tiba, dengan rincian sebanyak 2.364 kotak suara, 4.692 bilik suara, dan 14.076 segel plastik. Sementara sisanya akan diusahakan sesegera mungkin. “Kita masih dalam tahap penyelesaian kelengkapan logistik. Kami telah menerima kotak suara, bilik suara, tinta, dan segel,” terangnya.

Sedangkan untuk surat suara saat ini masih dalam pembahasan di KPU Pusat. Dudhi menambahkan bahwa pengadaan surat suara mengikuti ketentuan yang berlaku, yaitu sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditambah 2,5 persen sebagai cadangan. “Surat suara sudah disetujui oleh tim pasangan calon dan sudah mulai dicetak. Target kami adalah agar proses pencetakan ini selesai secepat mungkin,” tuturnya.

Baca juga:  Diusulkan Jadi Bakal Cabup Buleleng, Ini Tanggapan Sugawa Korry

Bahkan dalam pengepakan dan pelipatan surat suara, pihaknya juga akan melibatkan pekerja seperti yang dilakukan pada Pileg 2024 lalu. “Kami akan melibatkan tenaga kerja dari luar untuk membantu proses, namun jumlahnya tidak sebanyak pemilu sebelumnya, relatif sedikit,” jelas Dudhi.

Lanjut Dudhi, KPU saat ini sedang menyusun mekanisme untuk menghitung kebutuhan tenaga lipat surat suara berdasarkan estimasi waktu yang ada. “Kami akan berkoordinasi dengan sekretariat untuk menentukan jumlah kebutuhan tenaga lipat surat suara yang tepat,” tutupnya. (Nyoman Yudha/Balipost)

Baca juga:  Pilkada Klungkung, PSI Serahkan Rekomendasi pada Pasangan Ini
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *