Ilustrasi. (BP/dok)

DENPASAR, BALIPOST.com – Setiap orang pastinya menginginkan hidup sehat, bebas dari segala penyakit apapun itu. Agar hidup lebih sehat, perlu melakukan pola hidup yang sehat juga.

Berikut Langkah-langkah memulai pola hidup yang sehat, yang dikutip dari alodokter dan halodoc:

1. Mengkonsumsi makanan yang sehat 

Ini adalah salah satu cara hidup sehat yang susah untuk diterapkan, padahal menjaga asupan gizi sangat penting bagi kesehatan tubuh. Seperti, protein, karbohidrat, serat, mineral, dan vitamin.

Selain itu, anda juga harus bisa mengolah makanan sendiri sebagai salah satu untuk menjaga kebersihan dan kesehatan makanan yang akan dikonsumsi.

2. Istirahat dengan cukup

Baca juga:  Tambahan Masih Seratusan Kasus COVID-19, Bali Juga Sudah 5 Hari Laporkan Korban Jiwa

Istirahat yang cukup sangat penting bagi pikiran. Sebab, ketika mengalami pemikiran yang berlebihan dapat mengundang penyakit.

Pastikan jam tidur selalu terpenuhi serta membiasakan bangun tidur dengan waktu yang tepat atau sama.

3. Hentikan kebiasaan buruk

Contoh kebiasaan yang harus dihentikan seperti, begadang yang berlebihan saat malam hari, merokok dan mengkonsumsi minuman yang beralkohol berlebihan, yang dapat menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh anda. Seperti, sakit jantung, paru-paru, PPOK, diabetes, dan kanker.

4. Rajin berolahraga

Olahraga sangat penting bagi Kesehatan tubuh anda, setidaknya melakukan olahraga selama 30 menit setiap harinya. Ketika anda sudah melakukan olahraga yang rutin setiap harinya diketahui dapat melancarkan peredaran darah serta menguatkan otot dan tulang.

Baca juga:  Gadget Diperkenalkan Sejak Dini, Orangtua Diingatkan Gaya Hidup Sedentari

Penting untuk meluangkan waktu sebentar melakukan olahraga setiap harinya. Seperti, melakukan olahraga yang ringan, berjalan kaki, bersepeda, atau naik turun tangga di sela-sela kesibukan.

5. Rutin memeriksa kesehatan

Ini adalah salah satu langkah menjaga pola hidup sehat yang penting dikarenakan dapat mendeteksi masalah medis saat ini maupun yang belum terdeteksi, menilai risiko masalah medis di masa depan, dapat membuat anda semakin terdorong menjaga gaya hidup yang sehat.  Semakin rutin memeriksa kesehatan anda bisa tahu perbaikan atau perubahan apa yang sudah dilakukan.

Baca juga:  Lima Dampak Kurang Tidur di Malam Hari

6. Memperhatikan kehidupan sosial

Memperhatikan hubungan dengan siapa pun itu seperti pasangan, keluarga, teman, rekan kerja, ataupun atasan.

Secara tidak langsung, ketika kalian berinteraksi dengan orang-orang sekitar juga memiliki pengaruh dampak kesehatan mental dan tentu saja pada tubuh.

Lingkungan sosial saat ini adalah hal biasa untuk bertukar pikiran, berkeluh kesah, menemukan solusi, serta menyampaikan pendapat. Maka dari itu luangkan waktu sebentar untuk sekedar bercengkerama dengan orang terdekat.

Itu lah enam langkah untuk menjaga pola hidup sehat yang bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari.  Mengobati lebih susah ketimbang mencegah penyakit yang akan datang. (Ni Wayan Linayani/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *