I Made Satria dan kegiatan sosialnya membantu masyarakat meyadnya di Nusa Penida, Klungkung. (BP/Istimewa)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Calon Bupati Klungkung I Made Satria sudah dikenal cukup luas oleh masyarakat. Bahkan, sebelum dia masuk ke dalam dunia politik, baik sebagai anggota DPRD Klungkung maupun kini sebagai calon orang nomor satu di Klungkung.

Terutama masyarakat di Kecamatan Nusa Penida, dimana di daerah kepulauan itu, dia aktif membantu masyarakat dalam melaksanakan yadnya maupun pembangunan pura. Satria bersama adiknya I Ketut Lea Wijaya yang dikenal dengan Ketut Leo, bahkan ikut terjun langsung dalam menata infrastruktur hingga membantu masyarakat tanpa mahar, baik dalam kegiatan di desa, hingga mencarikan lapangan pekerjaan.

Fakta itu setidaknya diakui Jro Mangku Nyoman Patra, pemangku di Pura Arya Kutawaringin di Banjar Sental Kangin Desa Ped, Nusa Penida. Dalam sebuah wawancara, dia menyatakan bahwa Pembangunan Pura Paibon Arya Kuta Waringin dibiayai sepenuhnya dari nol oleh I Made Satria dan adiknya Ketut Leo.

Baca juga:  Data Pengungsi Dilakukan Sinkronisasi 

“Kami benar-benar terbantu, ada tokoh seperti ini memiliki keikhlasan untuk yadnya. Bahkan kami tidak mengeluarkan dana sepeserpun dalam pembangunan ini, dari pembangun hingga upacaranya mereka berdua sepenuhnya yang membiayai,” kata Mangku Parta didampingi Kelihan Pura Putu Wididana, Minggu (29/9).

Ia menilai jiwa sosial khususnya Made Satria bersama adiknya itu layak diteruskan dan melebarkan sayapnya ke seluruh Klungkung. Made Satria patut diberikan kepercayaan memimpin masyarakat Klungkung sebagai Bupati Klungkung. “Layak lah kalau beliau memimpin Klungkung, menjadi bupati Klungkung bersama Tjokorda Gde Surya Putra yang notabene dari keluarga Puri yang masih sangat kental kami hormati juga sebagai warga Klungkung,” tambah Wididana.

Baca juga:  Diabaikan Gerindra, Astaguna Kian Dinaungi Keberuntungan Setelah Dapat Nomor Urut 1

Wididana mengaku mengenal kedua tokoh ini sejak sebelum menjadi anggota DPRD Klungkung yang kini diteruskan menuju kursi Bupati Klungkung. Loyalitasnya membantu masyarakat dengan bisnis properti yang sukses digeluti adiknya Ketut Leo, bisa membangun dan membantu masyarakat di Nusa Penida dan Klungkung Daratan.

Senada dengan itu, Nyoman Sadru, salah satu pengempon di Pura Sad Kahyangan Penida, juga bercerita, menjadi saksi apa yang dilakukan kakak beradik ini. Sehingga kemudian didorong untuk maju ke DPRD Klungkung dan sukses pada periode 2019-2024 dan lolos lagi di 2024.

Baca juga:  Mulai Marak, Pemasangan Baliho Paslon Pilkada Klungkung

“Kami terus terang kagum dengan kepolosan dan niat tulusnya sejak awal membantu warga di Nusa Penida baik pembangunan, dan lapangan kerja, hingga gayung bersambut keinginan masyarakat agar beliau maju menjadi bupati Klungkung disetujui kami siap memenangkan, ratakan total,” ungkap Sadru.

Dengan memiliki sikap santun dan tulus ikhlas dalam membantu masyarakat selama ini, masyarakat menilai kepemimpinan I Made Satria dan Tjok Surya diyakini tidak akan ada korupsinya. Sehingga, kesejahteraan masyarakat Klungkung dan keseimbangan pembangunan akan terjamin selama pasangan yang mendapat nomor urut 2 ini menang. (kmb/balipost)

BAGIKAN