Seorang warga memegang peliharaannya yang divaksinasi rabies di Desa Kuwum, Kecamatan Mengwi, Minggu (29/9). (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Ratusan hewan pembawa rabies (HPR) di Kabupaten Badung berhasil divaksinasi. Vaksinasi dilakukan di Desa Kuwum, Kecamatan Mengwi, Minggu (29/9).

Setidaknya, 303 ekor HPR berhasil divaksin oleh Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) setempat.

Kadisperpa Badung, Wayan Wijana mengatakan, selain vaksinasi masal pihaknya juga memberikan sosialisasi kepada siswa SD. Sosialisasi dilaksanakan di seluruh SD di Sempidi.

“Sebelum vaksinasi massal, kami melaksanakan sosialisasi rabies kepada siswa SD,” ujar Wijana.

Baca juga:  Target Selesai Juli, Vaksinasi HPR di Tabanan Molor

Wijana juga menerangkan, kesadaran masyarakat terhadap pencegahan rabies di Kabupaten Badung semakin meningkat. Hal ini ditunjukan dari cakupan vaksinasi saat ini sdh mencapai 75 persen hingga akhir September 2024. “Tahun lalu vaksinasi mencapai 95 persen. Untuk jumlah HPR saat ini mencapai 89 ribu ekor,” terangnya.

Sebelumnya, mantan Kabag Organisasi Setda Badung ini menjelaskan, untuk memaksimalkan vaksinasi rabies sebanyak 14 tim diterjunkan ke seluruh desa/kelurahan di Badung. Bahkan dilakukan pengadaan vaksin ini pun disebutkan sekitar 65 ribu dosis. “Untuk 62 desa dan kelurahan ada 14 tim dengan 70 orang dokter,” ucapnya. (Parwata/balipost)

Baca juga:  Polisi Lakukan Olah TKP Kebakaran Sejumlah Bangunan Villa di Labuan Sait
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *