Ribuan seniman Tabanan menunjukkan komitmen penuh mereka dalam mendukung kemenangan pasangan calon Koster-Giri sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Bali, serta pasangan Sanjaya-Dirga sebagai Bupati dan Wakil Bupati Tabanan periode 2024-2029. (BP/Istimewa)

TABANAN, BALIPOST.com – Ribuan seniman Tabanan menunjukkan komitmen penuh mereka dalam mendukung kemenangan pasangan calon Koster-Giri sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Bali, serta pasangan Sanjaya-Dirga sebagai Bupati dan Wakil Bupati Tabanan periode 2024-2029. Deklarasi dukungan ini diadakan dalam sebuah acara akbar yang digelar di Taman Bung Karno Tabanan pada Kamis (3/10) dihadiri langsung oleh Ketua DPC PDIP Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M beserta Calon Wakil Bupati Tabanan, I Made Dirga.

Acara bertajuk “Deklarasi Akbar Seniman Jayaning Singasana Tabanan” ini menyatukan aliansi seniman dari berbagai latar belakang seni, seperti penari tradisional, pemain baleganjur, kesenian khas Okokan, Barong, Barongsai, kesenian Kebo-keboan Ikawangi Dewata hingga Reog Ponorogo. Semuanya kompak bersatu dalam memberikan dukungan penuh kepada pasangan calon dari PDI Perjuangan.

Baca juga:  Perangkat Desa Mendominasi Pelanggaran Kampanye

Semangat kebersamaan dan persatuan yang ditunjukkan oleh para seniman menjadi simbol kuatnya dukungan komunitas kreatif terhadap kepemimpinan yang diusung.

Sanjaya mengapresiasi solidaritas yang ditunjukkan oleh para seniman. “Ini adalah bentuk nyata dari kebudayaan kita yang hidup dan tumbuh dari akar masyarakat. Saya merasa bangga dengan semangat dan kesetiaan para seniman yang turut memperjuangkan kemenangan bersama. Kami, Koster-Giri dan Sanjaya-Dirga, berkomitmen untuk selalu mendukung perkembangan seni dan budaya di Tabanan serta Bali pada umumnya,” ujarnya.

Baca juga:  Tabanan Tetap Kirim Tim Sepak Bola Porprov

Deklarasi ini tidak hanya merupakan bentuk dukungan politik, juga perayaan seni dan budaya lokal yang mengakar kuat di tengah masyarakat. Ratusan penari dan musisi tampil secara bergantian, menampilkan kekayaan budaya Tabanan yang unik dan beragam.

Kehadiran berbagai elemen kesenian seperti okokan dan barong menambah semarak acara tersebut, serta menjadi bukti bagaimana kebudayaan tradisional dapat menjadi bagian dari proses demokrasi.

Salah satu seniman yang turut serta dalam deklarasi ini, menekankan pentingnya peran pemimpin yang peduli terhadap seni dan budaya.

“Bagi kami, seniman, dukungan kami tidak hanya diberikan karena preferensi politik, tapi juga karena melihat sosok pemimpin yang memiliki visi jelas terhadap keberlanjutan seni dan budaya. Kami percaya Koster-Giri dan Sanjaya-Dirga akan selalu berada di garda depan dalam memajukan kesenian lokal,” sebutnya.

Baca juga:  Fokus Bangun Pelabuhan Amed, Koster-Giri Siap Tata Amed Jadi Destinasi Wisata Baru

Deklarasi ini juga menarik perhatian masyarakat Tabanan yang hadir untuk menyaksikan langsung gelaran budaya tersebut. Semangat kebersamaan yang terbangun dalam acara ini menunjukkan dukungan penuh masyarakat terhadap pasangan calon yang diusung, sekaligus menjadi ajang untuk mempererat hubungan antarwarga dan komunitas seni.

Para seniman berharap, dukungan yang diberikan tidak hanya dapat membawa kemenangan bagi pasangan Koster-Giri dan Sanjaya-Dirga, tetapi juga menjadi momentum untuk meningkatkan perhatian dan dukungan terhadap keberlangsungan kesenian lokal. (kmb/balipost)

BAGIKAN