Ilustrasi. (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Banyak cuan atau uang saat masih muda tentunya menjadi keinginan semua orang. Hal ini membuat generasi muda zaman sekarang mengambil jalur alternatif dengan mencoba membangun atau membuka sebuah bisnis, agar mendapatkan penghasilan.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, generasi z tentu lebih mudah membangun sebuah bisnis, salah satunya dengan mengembangkan penjualan online.

Jadi, kalau kalian ingin berbisnis dan punya banyak cuan meski usia masih muda, berikut 5 ide bisnis yang layak dicoba, dikutip dari berbagai sumber:

  1. Thrift shop

Thrift shop adalah salah satu jenis bisnis yang menjual berbagai macam barang bekas, yang masih layak pakai dan dalam kondisi baik. Barang-barang yang diperjualbelikan di thrift shop antara lain pakaian, celana, tas, sepatu, topi, aksesoris, dan berbagai macam barang lainnya. Pakaian yang bisa anda beli untuk memulai bisnis, biasanya dijual per karungan, dengan harga satu produknya bisa sekitar Rp40.000-Rp150.000.

Baca juga:  Tips Bebas Kantuk Saat Pagi Hari

2. Menjadi reseller atau dropshipper

Reseller atau Dropshipper merupakan mereka yang mempromosikan produk dari toko lain. Tidak perlu modal besar untuk memulai bisnis jenis ini. Kalian hanya perlu memiliki jaringan internet, alat komunikasi, serta media sosial atau platform untuk memasarkan produk.

Yang perlu kalian ingat, reseller dan dropshipper memiliki perbedaan. Reseller adalah mereka yang memasarkan produk dari toko lain, namun tetap menggunakan nama toko saat memasarkan produk tersebut. Sedangkan dropshipper mempromosikan produk dari toko lain, namun saat memasarkan produk tersebut bisa menggunakan nama toko sendiri.

Baca juga:  Wagub Bali Tekankan Pentingnya Penyebaran Informasi Tentang Uang Rupiah

3. Bisnis makanan ringan

Kalau kalian memiliki kemampuan memasak, usaha makanan ringan, seperti keripik, kacang goreng dan cemilan lainnya, bisa menjadi alternatif. Kalian bisa melakukan promosi lewat media sosial dengan cara sistem PO (pre-order).

Melakukan usaha ini tidak memerlukan banyak modal. Modal yang utama adalah kemampuan kalian dalam memasak. Sebagai referensi, kalian bisa mencari produk yang akan dipasarkan di media sosial.

4. Jasa desain grafis

Bila memiliki keterampilan dalam bidang desain grafis, kalian bisa menghasilkan cuan tanpa memerlukan modal yang besar. Jasa seorang desain grafis banyak diperlukan dalam berbagai bidang.

Baca juga:  Racikan Bumbu Khas Buat Siokee Siobak Sate Babi Suli Jadi Incaran

5. Kursus privat online

Memiliki keahlian di suatu bidang seperti bahasa asing, musik, atau keterampilan tertentu akan memudahkan kalian dalam membuat kursus online. Yang diperlukan hanya pembuatan materi untuk kursus dan promosi lewat media sosial.

Memulai kursus online ini tidak memerlukan modal yang cukup besar, hanya memanfaatkan keahlian yang dimiliki.

Itu tadi 5 ide bisnis yang bisa kalian pilih untuk mulai menghasilkan cuan bagi pemula. Ingat, kunci bisnis bisa berjalan dengan baik adalah melakukannya secara konsisten. (Ni Wayan Linayani/balipost)

BAGIKAN