Sejumlah pelinggih di Pura Agung Besakih direnovasi karena mengalami kerusakan. (BP/nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Sejumlah pelinggih yang ada di Pura Agung Besakih, Desa Besakih, Kabupaten Karangasem direnovasi. Perbaikan tersebut dilakukan, karena mengalami kerusakan akibat termakan usia.

Pemucuk Pemangku Pura Agung Besakih, Jro Gede Anglurah Bandesa I Putu Artayasa, pada Minggu (6/10) mengatakan, proses renovasi ini dilakukan secara bertahap. Untuk tahap pertama pelinggih yang direnovasi yakni, Pelinggih Penegtegan, Pelinggih Surya Candra, Bale Agung, Mudra Bale Gajah, Mudra Bale Kulkul.

Baca juga:  Hari Ini, Puncak Karya Ida Batara Turun Kabeh

Ia mengatakan, untuk renovasi pelinggih tahap II meliputi, Pelinggih Kiwe, Pelinggih Tengen, Pelinggih Ida Ratu Mas Megelung, Bale Pelik di Ajeng Pelinggih Sang Hyang Wisesa, Pelinggih Widyadara, Pelinggih Widyadari, Pelinggih Meangin-agin Majeng Kelod, Pelinggih Meangin-agin Majeng Kauh, dan Pelinggih Ida Ratu Ngelusung.

“Untuk renovasi tahap III, yaitu Pelinggih Ida Ratu Mas Pait, Pelinggih Ida Ratu Manik Galih, Pelinggih Ida Bhatara Gede Sakti, Pelinggih Ida Bhatara Sunaring Jagat, dan Bale Pesandekan Ratu Ayu Subandar. Jadi, total meru/Pelinggih yang direnovasi dari tahap I sampai III sebanyak 19 unit,” ujarnya.

Baca juga:  Diawali Suara Gemuruh Keras, Gedung LPBJ Tabanan Ambrol

Menurutnya sejumlah bangunan itu sudah cukup lama belum sempat mendapatkan perbaikan. “Anggaran yang dihabiskan untuk renovasi ini kurang lebih mencapai Rp 1 miliar rupiah,” katanya. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN