Seorang warga mencuci tangannya sebelum memasuki kantor di Denpasar. (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Mencuci tangan merupakan salah satu upaya sederhana mencegah penyebaran penyakit. Tanpa disadari, tangan sering kali menjadi faktor masuknya berbagai kuman ke dalam tubuh.

WHO menekankan pentingnya meningkatkan upaya menjaga Kesehatan atau kebersihan tangan secara keseluruhan. Misalnya, penderita flu menutup hidung dengan tangan saat bersin.

Jika orang tersebut memegang uang dan uangnya berpindah tangan, kuman flu dapat dengan cepat berpindah ke tangan orang lain. Jika orang tersebut menyentuh hidung atau mulutnya, bakteri bisa masuk ke dalam tubuhnya. Ini adalah contoh betapa mudahnya kuman menular dari orang ke orang.

Sebagian besar masyarakat masih belum tahu manfaat dari mencuci tangan yang bersih dengan air mengalir dan sabun. Berikut beberapa manfaat mencuci tangan yang perlu diketahui, yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Mencegah berbagai macam penyakit

Baca juga:  Ingin Jadi Profesional? Begini Tips Pemain Bali United

Penularan bakteri terjadi dengan cepat dari orang ke orang atau dari benda yang terkontaminasi. Jika masuk ke dalam tubuh, dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh.

2. Dapat membunuh kuman dan mikroorganisme berbahaya lainnya

Biasanya menyebabkan penyakit yang disebabkan infeksi bakteri pada tubuh, kuman, atau virus. Kebiasaan mencuci tangan yang baik dan benar memberikan manfaat berupa pencegahan penularan penyakit yang efektif.

Faktanya, mikroorganisme ini bisa menyebar kemana-mana, termasuk benda-benda di sekitar anda yang kemungkinan besar terkontaminasi. Ini termasuk ponsel, laptop, meja, sepatu, tas, dll. Bakteri dan mikroorganisme lainnya juga terdapat dalam berbagai aktivitas yang anda lakukan. Hal ini bisa disebabkan oleh bersin, batuk, atau kontak dengan hewan. Meski tidak terlihat, kuman ada dimana-mana, jadi penting untuk mencuci tangan setiap selesai beraktivitas.

3. Memutus rantai penyebaran penyakit di masa pandemi

Baca juga:  Ingin Jaga Bentuk Tubuh? Enam Pola Diet Ini Bisa Kamu Coba

Mencuci tangan tidak hanya mencegah penyakit yang akan menular ke tubuh anda, tetapi juga memberikan manfaat berupa perlindungan terhadap orang-orang di sekitar. Meski begitu, kunci keberhasilan masyarakat dalam menangani hal ini adalah masyarakat mau menjaga kebersihan, termasuk kebiasaan mencuci tangan. Perilaku manusia mempunyai dampak yang besar terhadap kelompok sosial. Anda dapat membuat perbedaan besar dengan memulai dari diri anda sendiri. Oleh karena itu, jangan pernah lewatkan kebiasaan mencuci tangan dan ingatkan selalu orang sekitar untuk memulai kebiasaan ini.

4. Menghemat pengeluaran

Semakin serius penyakit yang anda derita, semakin mahal pula biaya yang harus anda keluarkan untuk menyembuhkannya. Oleh karena itu, menjalani pola hidup bersih dan sehat, termasuk sering mencuci tangan, pasti akan memberikan manfaat berupa berkurangnya kunjungan ke rumah sakit dan penghematan biaya.

Baca juga:  PPKM Tak Digubris, Pelaku Balapan Liar Beraksi di Sanur

Mencuci tangan hanya memerlukan “modal” berupa kesadaran, sabun, dan air, dibandingkan biaya tambahan jika sakit. Agar tetap sehat, cuci tangan secara teratur. Ini adalah cara termudah dan paling hemat biaya untuk mencegah penyakit.

Memahami tujuan dan manfaat cuci tangan akan membantu anda memahami pentingnya kebiasaan ini. Selalu mencuci tangan dengan sabun dan air.

Jika ditemui kesulitan menemukan sabun dan air, kalian bisa menggunakan hand sanitizer sebagai gantinya. Namun perlu diingat bahwa hand sanitizer bukanlah pilihan pertama untuk membersihkan tangan.

Cara paling efektif untuk menghilangkan kuman adalah dengan mencuci tangan dengan sabun dan air. Maka, pentingnya orangtua mengajarkan anak-anaknya untuk menerapkan cuci tangan yang bersih sejak dini, agar mereka terbiasa akan hal tersebut. (Ni Wayan Linayani/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *