Upacara Rsi Gana digelar di Pura Tuluk Biyu Batur, Desa Adat Batur, Kintamani, Senin (14/10). (BP/Istimewa)

BANGLI, BALIPOST.com – Upacara Rsi Gana digelar di Pura Tuluk Biyu Batur, Desa Adat Batur, Kintamani, Senin (14/10). Upacara tersebut dilaksanakan serangkaian Karya Pujawali Ngusaba Purnamaning Sasih Kapat di Pura Tuluk Biyu Batur, yang puncaknya jatuh pada 17 Oktober 2024.

Upacara Rsi Gana dipuput Ida Bujangga Rsi Pancaka Tirtha, dari Griya Mandala Giri Banjar Gunaksa, Kelurahan Cempaga, Bangli.

Panitia Karya I Ketut Sudana mengatakan upacara tersebut diiringi tarian baris dan rejang yang dipersembahkan pengayah tempek Jro baris dan Daha bunga Pura Tuluk Biyu Batur, diiringi oleh sekaha gong, Jro Gambel Pura tuluk Biyu batur. Selain itu ada juga pementasan wayang lemah yang dipersembahkan oleh Jro dalang kawir dari Pura Tuluk Biyu Batur dan topeng sidakarya yang dipersembahkan oleh sekeha topeng dari Grup Kak Girang Ubud.

Baca juga:  Puncak Ngusaba di Pura Tuluk Biyu Batur, Belasan Desa Ikut Mapepada Agung

Sesuai dudonan karya, puncak karya pujawali ngusaba purnamaning sasih kapat di Pura Tuluk Biyu Batur akan berlangsung pada Kamis (17/10) bertepatan rahinan purnama Sasih kapat.

Sehari sebelum puncak karya, yakni pada Rabu (16/10) akan dilaksanakan upacara Ida Bhatara Bhatari katuran Bhakti pengodal dan pesucian serta bakti mapepada wewalungan. Upacara penyineban akan dilaksanakan pada Jumat (25/10). Rangkaian karya Ngusaba di Pura Tuluk Biyu Batur akan diakhiri dengan bakti petangi pada Jumat (1/11.

Baca juga:  Nikah Sebelum Usaba Dangsil Selesai, Daha-Truna "Maserah"

Sudana berharap seluruh umat Hindu dapat tangkil ngaturang bakti ke Pura Tuluk Biyu Batur selama karya berlangsung. Melalui pelaksanaan karya pujawali ini diharapkan jagat Bali dan seisinya selalu diberikan keselamatan dan kesejahteraan. (Dayu Swasrina/balipost)

BAGIKAN