Konjen RRT Denpasar, Zhang Zhisheng (tengah) didampingi Wakil Konjen RRT Denpasar, Zhengmin (kiri) dan Konsul Chen Yucheng saat berkunjung ke Gedung Pers K. Nadha, Denpasar pada Selasa (15/10). (BP/iah)

DENPASAR, BALIPOST.com – Konsul Jenderal Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Denpasar, Zhang Zhisheng, berkomitmen meningkatkan kerja sama dengan Bali di masa mendatang. Zhang yang baru enam bulan menjabat sebagai Konsul Jenderal mengakui hubungan kerja sama yang terjalin antara Tiongkok dengan Bali dan Indonesia pada umumnya sudah baik.

Dalam kunjungannya ke Gedung Pers K. Nadha, Selasa (15/10), Zhang mengaku akan berupaya meningkatkan kerja sama yang sudah terjalin selama ini. Terlebih, hubungan RRT dan Indonesia sudah terjalin sangat baik secara berabad-abad.

Baca juga:  Bali-Tiongkok Kolaborasi, Rayakan Kerjasama Hubungan Kemitraan Strategis

Bahkan kondisi hubungannya makin baik di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Ia menyebutkan selama pemerintahan Jokowi atau dalam kurun 10 tahun terakhir, Presiden Xi Jinping dan Jokowi telah bertukar kunjungan sebanyak 11 kali. Yang dikatakannya mendorong hubungan bilateral ke tingkat terbaik dalam sejarah.

“Terlebih kedua belah pihak pada 2022 menetapkan arahan umum untuk membangun komunitas dengan masa depan bersama antara kedua negara di Bali. Hal ini menunjukkan hubungan Tiongkok dan Indonesia memiliki arti strategis yang besar dan pengaruh global yang luas,” ujarnya.

Baca juga:  Tiga Dekade, Tiongkok Padukan Pertumbuhan Ekonomi dan Keberlanjutan Lingkungan
Konjen RRT Denpasar Zhang Zhisheng berkunjung ke Gedung Pers K. Nadha diterima Pemimpin Kelompok Media Bali Post, ABG Satria Naradha, Selasa (15/10). (BP/kmb)

Presiden terpilih, Prabowo Subianto, dikatakannya juga telah melakukan kunjungan pertamanya ke Tiongkok dan beraudiensi denqgan Presiden Xi Jinping. Hal ini bukti persahabatan yang mendalam antara kedua belah pihak.

Kedua belah pihak telah menegaskan akan mendorong komunitas Tiongkok Indonesia yang memiliki masa depan bersama dengan pengaruh regional dan global. Memberikan kontribusi positif terhadap perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran regional hingga dunia.

Selama ini, kata Zhang, kerja sama dengan Indonesia telah mencakup berbagai bidang, seperti pariwisata, teknologi, dan ekonomi, sosial budaya, dan lainnya berkembang sangat cepat dan menunjukkan hasil positif. “Kerja sama antara Tiongkok dan Bali di bidang pariwisata berkembangnya baik. Begitu juga di bidang pendidikan, kesehatan, dan sarana prasarana,” ungkapnya.

Baca juga:  Abu Jenazah Jiang Zemin Dilarung ke Laut
Konjen RRT Denpasar Zhang Zhisheng (kanan) berkunjung ke Gedung Pers K. Nadha diterima Pemimpin Kelompok Media Bali Post, ABG Satria Naradha, Selasa (15/10). (BP/kmb)

Zhang yang didampingi Wakil Konjen RRT Denpasar, Zhengmin dan Konsul Chen Yucheng juga menegaskan komitmen membantu media massa di Bali untuk menjalin kerja sama dengan media di Tiongkok. Ia berharap lewat kerja sama yang terjalin, informasi tentang kedua belah pihak bisa diketahui masyarakat luas. (Diah Dewi/balipost)

BAGIKAN