Petugas saat melakukan pencarian WN India yang hilang di Pantai Billabong Nusa Penida. (BP/Istimewa)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Seorang WN India, Nilesh Mukhi (59) terseret arus di Pantai Billabong, Desa Bunga Mekar, Nusa Penida, Rabu (16/10). Wisatawan itu terseret arus setelah sempat berdiri di atas tebing di pantai itu.

Gelombang besar datang dan menggulungnya hingga hilang di perairan.

Koordinator Pos Unit Siaga Basarnas Nusa Penida, Cakra Negara, mengatakan informasi yang dihimpun di lokasi, mengungkapkan kejadian bermula ketika korban berada di atas tebing untuk menikmati pemandangan bersama wisatawan lainnya. Tiba-tiba ombak besar datang menghatam tubuh korban. Akibatnya, korban tergulung ombak dan tenggelam.

Baca juga:  Berwisata, Sejumlah Pengunjung Terjebak Pasang di Pantai Gunung Payung

“Sesaat setelah menerima informasi, Pos Unit Siaga langsung mengerahkan personil untuk melaksanakan upaya pencarian,” terang Cakra Negara.

Pencarian dilaksanakan dengan mengerahkan satu unit Rigid Inflatable Boat (RIB), pencarian juga melibatkan unsur SAR gabungan lainnya. Upaya pencarian menggunakan RIB dilakukan sebanyak 3 sorti, sesuai dengan rencana operasi pencarian dan pertolongan.

“Gelombangnya cukup besar di pinggir, jadi pencarian kita pusatkan di area jatuhnya korban,” imbuhnya.

Baca juga:  Tagihan PDAM Belum Dibayar, Pedagang Pasar Loka Crana Terpaksa Bawa Air dari Rumah untuk Toilet

Dari upaya pencarian itu, korban belum berhasil ditemukan. Belum bisa dipastikan, bagaimana kondisi korban saat ini.

Sementara itu Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar, I Nyoman Sidakarya,S.H. menerangkan bahwa pencarian lanjutan akan dilaksanakan kembali Kamis (17/10) pagi dengan pengerahan alut SAR dan area pencarian yang lebih luas.

Pencarian akan diperluas sesuai dengan rencana operasi SAR dengan mempertimbangkan arah arus, cuaca dan angin. Dengan upaya ini, korban diharapkan segera dapat ditemukan. (Bagiarta/balipost)

Baca juga:  Baru Satu Jenasah Dievakuasi, Sopir Masih di Dasar Danau
BAGIKAN