Belasan juta penumpang terbang melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – PT Angkasa Pura Indonesia mencatatkan kinerja yang sangat positif di Triwulan III 2024 di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali. Hingga akhir September, jumlah penumpang mencapai 17,98 juta.

Jumlah ini meningkat 14 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang mencatatkan 15,8 juta penumpang. Ditargetkan 23,6 juta penumpang hingga akhir 2024.

General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Ahmad Syaugi Shahab, menjelaskan bahwa jumlah penumpang pada Triwulan III merupakan yang tertinggi dibandingkan dua triwulan sebelumnya.

Baca juga:  Dukung Pergub No. 99 Tahun 2018, BNI "Support" Bali Organik Trade Center

“Dari Januari hingga Maret, terdapat 5,2 juta penumpang. Pada Triwulan II, jumlahnya naik menjadi 6 juta penumpang, dan pada Triwulan III mencapai 6,7 juta. Rata-rata kami melayani 1,9 juta penumpang per bulan atau 65 ribu per hari,” jelas Ahmad Syaugi, Kamis (17/10).

Sebagian besar penumpang di Bandara Ngurah Rai adalah penumpang internasional, yakni 59 persen dari total penumpang. “Sebagai destinasi wisata dunia, penumpang internasional mendominasi, mencapai 10,5 juta, sementara penumpang domestik berjumlah 7,4 juta,” ungkap Syaugi.

Baca juga:  Bawa Sajam, Gerombolan Pemuda Serang Pengunjung Minimarket

Selain itu, pergerakan pesawat juga meningkat 5 persen dari 101.151 pergerakan pada Triwulan III 2023 menjadi 105.979 pergerakan di periode yang sama tahun ini. Penerbangan internasional juga lebih dominan dengan 53.567 pergerakan, sementara penerbangan domestik tercatat 52.412 pergerakan.

Rute internasional dari dan ke Singapura mencatatkan pergerakan tertinggi dengan 9.825 penerbangan, diikuti Kuala Lumpur dan Perth. Sementara untuk rute domestik, Jakarta mencatatkan 22.424 pergerakan pesawat, disusul Surabaya dan Lombok. (Parwata/balipost)

Baca juga:  Dari Sebelum Ditemukan Tewas dengan Kondisi Bugil hingga WHO Minta Negara Waspadai Varian Baru COVID dari Brazil
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *