Group Head XL Axiata East Region, Dodik Ariyanto bersama pemenang regional timur AXIS Nation Cup 2024 di Denpasar, Sabtu (19/10). (BP/eka)

DENPASAR, BALIPOST.com – Setelah pertandingan cukup sengit melawan SMA Kristen Giovani Kupang, tim futsal SMAN 12 Surabaya berhasil meraih gelar juara regional AXIS Nation Cup (ANC) 2024, Sabtu (19/10) di Stadium Futsal, Denpasar. Tim yang dikapteni Reza Maulana Pratama ini akan melaju ke babak grand final ANC 2024 di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 16 November 2024.

Ditemui usai pertandingan, Reza mengaku tim-nya ingin menaklukkan Jakarta alias menjadi juara dalam ANC 2024. “Harapannya kita bisa menang di Jakarta. Caranya dengan latihan terus, kerja keras, konsisten, dan mempersiapkan mental,” tegasnya.

Ia mengatakan perlu kerja keras dan disiplin dalam berlatih untuk bisa menjadi tim tangguh. “Latihan, kerja keras, dan tidak lupa dengan yang di atas (Tuhan, red),” katanya mengutarakan kunci dalam meraih kesuksesan melaju ke babak grand final.

Ia pun mengakui pertandingan melawan SMA Giovani Kupang cukup berat karena rasa lelah yang dialami anggota tim. “Yang paling berat itu melawan rasa malas dan lelah karena tadi kita mainnya tiga kali,” ujar remaja yang duduk di kelas 12 ini.

Baca juga:  Membiarkan Anaknya Dianiaya, Ini Pengakuan Ibu Kandung Na

Ditanya persiapan bertanding di ANC 2024, ia mengaku timnya mempersiapkannya selama 3 minggu. Namun, selama ini dirinya dan pemain lainnya sudah rutin berlatih sebanyak 2 kali seminggu ditambah menu sparing sekali seminggu. “Dalam seminggu kami berlatih sebanyak 2 kali dan sparing sekali,” sebut Reza yang mengaku tim-nya sudah beberapa kali meraih juara dalam berbagai kompetisi sejenis.

Sementara itu, sang pelatih, Utomo Suryo Diputro mengaku senang anak didiknya mampu menjadi yang terbaik di Jatim Balnus. Ia merasa kerja keras yang dilakukan selama ini tidak sia-sia.

“Prosesnya panjang, tidak setahun dua tahun, tapi saya kenal mereka sudah lama dan latihan pun tidak bisa seminggu sekali, tapi 3 kali dalam seminggu saya ketemu mereka,” ungkap pria yang sejak 2018 menjadi pelatih tim futsal SMAN 12 Surabaya ini.

Latihan fisik disebutnya tak cukup. Ia pun sangat memperhatikan pola makan hingga waktu istirahat yang cukup bagi anggota tim.

Tak jarang ia harus berulangkali mengingatkan anggota tim yang didominasi remaja tanggung ini agar fokus dan disiplin berlatih. “Saya bicara setelahnya SMA ini mau jadi apa. Saya ingin mereka ini bisa sampai universitas, bisa kuliah,” harapnya.

Baca juga:  Hasil Otopsi, Mayat Dalam Mobil Diduga Keracunan

Ditanya kemungkinan memboyong juara ANC 2024, ia akan mematangkan persiapan dalam pertandingan di grand final. “Setelah recovery, kita akan restart. Kita ajari tackling-nya, terutama defence dan finishing juga kurang tenang. Pemain harus lebih kreatif lagi,” paparnya.

Ia pun mewaspadai sejumlah tim dari Jakarta, Makassar, Bandung, dan Semarang.

Group Head East Region XL Axiata, Dodik Ariyanto menyatakan ini merupakan tahun kedua digelarnya AXIS Nation Cup 2024. Untuk kawasan timur, persaingan ketat tim-tim unggulan dari Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur terjadi dalam memperebutkan juara regional.

Dalam pertandingan yang diadakan di Denpasar, Sabtu, sebanyak 5 tim berkompetisi untuk menjadi yang terbaik, termasuk SMA Negeri 3 Singaraja, SMA Negeri 2 Batu, SMA Negeri 5 Mataram, dan SMA Kristen Giovani Kupang. “Selamat kepada SMA Negeri 12 Surabaya atas pencapaian mereka. Kami bangga bisa mendukung generasi muda yang bersemangat melalui AXIS Nation Cup. Melihat para atlet muda ini bermain dengan semangat dan antusiasme menguatkan komitmen kami untuk mendukung bakat muda dalam olahraga melalui event seperti AXIS Nation Cup. Kami sangat menantikan penampilan mereka di Jakarta. Semoga kompetisi ini menjadi motivasi bagi mereka untuk terus berprestasi.”

Baca juga:  Futsal Badung Seleksi Pemain Porprov

Dodik juga berharap SMAN 12 Surabaya sebagai wakil dari East Region, dapat terus tampil baik di Grand Final.

Turnamen ini melibatkan total 1.650 sekolah dari 40 kota di seluruh Indonesia, dengan total hadiah mencapai Rp870 juta. Selain hadiah uang tunai, lima pemain terbaik akan mendapatkan kesempatan pelatihan eksklusif dengan klub profesional.

Selain keseruan di lapangan futsal, AXIS Nation Cup 2024 juga menawarkan platform yang lebih luas bagi keterlibatan generasi muda, termasuk kompetisi dance, supporter, dan digital challenge dengan kesempatan memenangkan hadiah uang tunai.

AXIS memberikan bonus kuota untuk supporter tim, dimana mereka berkesempatan untuk dapat bonus kuota streaming atau kuota sosial media atau kuota utama hingga 2GB per hari selama satu tahun. Dengan cara ini, mereka bisa tetap online, membagikan momen keseruan turnamen ini di media sosial tanpa khawatir kehabisan kuota. (Adv/balipost)

BAGIKAN