SINGARAJA, BALIPOST.com – Desa Adat Pedawa, di Kecamatan Banjar, Buleleng kini mempunyai sekolah adat. Di sekolah yang diberi nama Sekolah Adat Pasraman Manik Empul Desa Pedawa itu, akan dikhususkan untuk memberikan pelajaran adat kepada masyarakat setempat.

Peresmian sekolah adat itu digelar di Wantilan Desa Pedawa, Selasa (22/10).

Dalam kegiatan itu juga dikukuhkan pengurus serta pelatih fasilitator yang akan mengajar di sekolah adat tersebut.

Baca juga:  Banjar Tembau Kelod Gelar “Ngodak Pelawatan Sesuhunan” Ida Ratu Ayu

Bendesa Adat Pedawa, Wayan Suastika mengatakan, sekolah adat ini dibuat untuk memberikan pemahaman terkait adat setempat kepada masyarakat. Mengingat saat ini, khususnya generasi muda disebut banyak yang tidak mengetahui tentang desa adat dan tradisi yang ada di desa setempat.

Sementara itu, Pj Ketua Aliansi Masyarakat Adat Nusantara AMAN Ni Made Puriati mengatakan, sekolah adat di Desa Pedawa ini merupakan satu-satunya yang dibentuk di Bali.

Baca juga:  Desa Adat Saren Lestarikan Tradisi “Ter-teran”

Sekolah adat ini sama seperti sekolah formal pada umumnya.

Sekolah adat ini juga memiliki kurikulum, tempat dan waktu. Desa Pedawa dipilih menjadi salah satu pembentukan sekolah adat, karena desa ini merupakan salah satu desa anggota AMAN.

Puriati menyebut, pembentukan sekolah adat ini juga sebagai bentuk perlindungan terhadap tradisi dan budaya Bali yang terdegradasi.

Untuk di Bali, sebanyak 7 desa sudah masuk menjadi anggota Aman. Lima diantaranya merupakan desa yang ada di Buleleng. (Yudha/balipost)

Baca juga:  Budidaya Burung Murai Batu

Tonton selengkapnya di video

BAGIKAN