DENPASAR, BALIPOST.com – Upaya menciptakan lingkungan bersih yang dilakukan pemerintah didukung pelaku usaha atau pihak swasta. Salah satunya PT. Gajah Tunggal Tbk. yang berupaya meminimalkan penggunaan plastik.

Menurut Leonard Gozali, Marketing Head of Dept PT Gajah Tunggal Tbk, Sabtu (11/2), pihaknya tak lagi menggunakan pembungkus plastik pada ban IRC dan ban Zeneos. Tujuannya, agar bisa membantu pemerintah dalam menciptakan lingkungan yang lebih bersih tanpa sampah plastik.

Baca juga:  Siklon Lili, Masyarakat Diminta Waspada Gelombang Tinggi

Hal ini juga bukan sesuatu yang baru bagi perusahan ban tersebut. Dijelaskannya, melepas pembungkus plastik ini hanya melanjutkan kebijakan perusahan terdahulu.

Sebab jenis ban IRC Tubeless pun sudah lebih dulu melakukan hal serupa dengan melepas pembungkus plastik. “Kami komit mendukung program Pemerintah untuk pelestarian lingkungan, diantaranya dengan tak lagi menggunakan plastik sebagai pembungkus ban. Ini sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDG) guna melindungi bumi dari sampah plastik,” jelas Leonard dikutip dari rilisnya.

Baca juga:  Karena Ini, Pipanisasi dari Subak Benel Ditolak Subak

Ia mengatakan kebijakan ini tak hanya berlaku pada ban sepeda motor, juga ban mobil penumpang (GT Radial) yang memang sudah lebih dulu menerapkan hal ini. Tapi, meski tanpa pembungkus plastik, ini sama sekali tak mempengaruhi performa produk. Ia mengatakan produk ramah lingkungan, seperti IRC Ecotrax dan GT Radial Champiro Ecotec lebih hemat bahan bakar dan dapat dikategorikan sebagai produk yang berkelanjutan. (kmb/balipost)

Baca juga:  Kasus DID Tabanan, KPK Periksa Mantan Dirjen Perimbangan Keuangan
BAGIKAN