Suasana di Pura Agung Besakih saat pelaksanaan IBTK yang diambil menggunakan drone. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pada Senin (10/5), sejumlah peristiwa terjadi. Berikut lima berita yang menjadi atensi pembaca Balipost Online. Ini, cuplikan peristiwa dan link yang bisa diklik untuk membaca lebih detilnya.

1. Drone di IBTK Besakih Tuai Sorotan di Medsos, Humas : Sudah Dilakukan Prosesi “Pembersihan”

AMLAPURA, BALIPOST.com – Drone yang diterbangkan untuk mendokumentasikan pelaksanaan Ida Bhatara Turun Kabeh (IBTK) Pura Agung Besakih menjadi sorotan di media sosial (medsos). Pasalnya, keberadaan drone itu dinilai melunturkan kesakralan pelaksanaan IBTK.

Banyak pertanyaan di medsos terkait drone ini. Kondisi ini pun ditanggapi pihak Humas Pura Agung Besakih.

Selengkapnya baca di sini

2. Tim Yustisi Badung Mulai Bongkar Tower Bodong

Baca juga:  BI Optimis Inflasi di Bali Terkendali

MANGUPURA, BALIPOST.com – Sesuai perintah Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, Tim Yustisi mulai membongkar tower-tower tak berizin, Senin (10/4). Pembongkaran langsung dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Badung, I Wayan Adi Arnawa.

Sekda Adi Arnawa mengungkapkan, tindakan pembongkaran berdasarkan Surat Perintah Bupati Badung No. 180/3907/SETDA tertanggal 6 April 2023, untuk membongkar bangunan menara (tower) telekomunikasi dan/atau Base Transceiver Station (BTS).

Selengkapnya baca di sini

3. Sejumlah “Palinggih” Pura Pucak Mangu Dibongkar, Beragam Perhiasan Dicuri

MANGUPURA, BALIPOST.com – Kasus pencurian terjadi di Pura Pucak Mangu atau Gunung Catur di Banjar Tinggan, Pelaga, Petang, Badung. Kejadiannya diketahui pada Sabtu (1/4).

Awalnya jro mangku setempat sembahyang di puncak luhur Pucak Mangu. “Saat itu jro mangku mendapati masing-masing palinggih dibongkar di bagian bawah (dasar) tempat meletakkan padagingan,” kata sumber polisi, Minggu (9/4).

Baca juga:  Bupati Karangasem Launching Digitalisasi Pos Gate Pajak MBLB

Selengkapnya baca di sini

4. Terdampak Bibit Siklon Tropis 98S, Bali Waspadai Cuaca Ekstrem

DENPASAR, BALIPOST.com – Berdasarkan analisis dari Bidang Pusat Peringatan Dini Siklon Tropis (TCWC) BMKG Jakarta, bahwa saat ini terdapat Bibit Siklon Tropis 98S yang terpantau di Samudera Hindia selatan Pulau Sumba, tepatnya di sekitar 12.6° LS dan 124.0° BT. Bibit ini bergerak ke arah Barat Daya dengan kecepatan angin maksimum 30 knot (55.56 km/jam) dan tekanan udara minimum sebesar 1002 mb.

Diperkirakan potensi Bibit Siklon Tropis 98S untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 12 – 24 jam ke depan dalam kategori Tinggi. Terkait hal tersebut, Kepala BMKG Wilayah III Denpasar, Cahyo Nugroho, Senin (10/4) memberikan peringatan dini kepada masyarakat Bali.

Baca juga:  Rekomendasi PDIP untuk Pilkada Denpasar Sudah Keluar

Selengkapnya baca di sini

5. Pembangunan Tapal Batas di Pemogan Diwarnai Ketegangan, Desa Adat Pedomani Awig-awig

DENPASAR, BALIPOST.com – Pembangunan tapal batas desa adat di Pemogan, diwarnai ketegangan pada Senin (10/4). Hal ini terlihat dalam video yang diunggah sejumlah akun media sosial.

Situasi ini pun diakui Bendesa Adat Pemogan, AA Ketut Arya Ardana, yang dikonfirmasi. Ia mengatakan sekitar pukul 10.00 WITA, datang Satpol PP Kabupaten Badung dengan tujuan memberhentikan pembuatan tapal batas tersebut.

Selengkapnya baca di sini

BAGIKAN