Ilustrasi. (BP/Klikdokter.com)

DENPASAR, BALIPOST.com – Saat ini, masyarakat tak bisa lepas dari layar ponsel, komputer, maupun laptop. Kebanyakan screen time akan memuat mata kita cepat lelah bahkan mengalami kerusakan.

Padahal, mata merupakan salah satu indra paling penting dalam diri manusia, hal ini karena mata dipakai untuk melihat sekitar. Tanpa penglihatan kita akan kesulitan untuk menjalani kegiatan sehari-hari, karena itu penting untuk merawat mata agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar mata tetap sehat :

1. Konsumsi Makanan Sehat

Ternyata asupan makanan sehari-hari dapat memengaruhi kesehatan mata. Agar indra penglihatan selalu sehat, anda bisa mencoba untuk rutin mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C dan E, asam lemak omega-3, zink, dan lutein.

Kita bisa mendapat kandungan nutrisi tersebut dengan mengonsumsi makanan, seperti sayuran hijau, tuna, telur, kacang-kacangan, blueberry, blackberry, dan jeruk.

2. Berhenti Merokok

Nyatanya kebiasaan merokok tidak hanya mengganggu kesehatan paru-paru dan jantung, tetapi juga bisa memicu gangguan pada mata. Asap dari rokok yang mengenai mata disebut bisa meningkatkan risiko terjadinya katarak, degenerasi makula, bahkan kerusakan saraf optik yang bisa menyebabkan kebutaan serta merusak retina.

Baca juga:  Kasus Gigitan Anjing Rabies di Karangasem Meningkat, Capai Puluhan

3. Melakukan Peregangan Mata

Ketika kita telah lama berada dihadapan layar, maka perlu melakukan pengistirahatan sejenak. Mata yang dipaksa bekerja terus menerus juga akan mengalami penurunan kenyamanan. Alangkah baiknya, di setiap 2 atau 3 jam sekali perlu berhenti dan segera melakukan peregangan mata.

Contoh peregangan atau senam mata yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pemijatan pada wajah, memejamkan mata sejenak, menggerakan bola mata atau melirik. Setelah dirasa kembali nyaman, maka kita dapat melanjutkan pekerjaan kembali.

4. Kacamata Pelindung

Menjaga kesehatan mata salah satunya bisa dilakukan dengan menggunakan kacamata, terutama saat beraktivitas di luar ruangan atau di depan komputer. Agar mata tidak mudah rusak, Anda bisa mengenakan kacamata anti-radiasi jika harus bekerja pada waktu yang lama di depan komputer.

Baca juga:  RSUD Sanjiwani Siap Tangani Caleg Depresi

Sementara saat beraktivitas di bawah terik matahari, pastikan selalu mengenakan kacamata hitam. Bukan hanya bergaya, mengenakan kacamata hitam bisa membantu menghambat paparan sinar ultraviolet dari matahari ke mata.

5. Istirahat dari Komputer

Lamanya saat kita menatap layar laptop maupun komputer bisa meningkatkan risiko kerusakan pada mata. Hal ini menyebabkan mata yang kering dan juga tegang, selain itu pandangan menjadi kabur, nyeri leher, sakit kepala, sakit bahu hingga punggung.

Jika anda diharuskan bekerja di depan komputer, pastikan untuk selalu mengambil waktu istirahat, di mana dengan mengalihkan pandangan setiap 20 menit. Bisa juga mencoba untuk melihat objek yang jauh di depan, tujuannya supaya mengurangi ketegangan mata.

6. Rutin Periksa Mata

Rutin melakukan pemeriksaan pada mata juga bisa menjadi cara terbaik untuk mencegah kerusakan. Sebab, pemeriksaan mata bisa memantau kondisi bagian tersebut dan gangguan atau masalah kesehatan yang muncul bisa segera dideteksi. Disarankan bagi orang yang berusia lanjut ataupun muda, baik pria maupun wanita harus rutin memeriksakan mata ke dokter spesialis mata sekurang-kurangnya 2 tahun sekali.

Baca juga:  Rem Laju Penyebaran COVID-19, Pemerintah Perlu Pertimbangkan 2 Opsi Ini

7. Gunakan Alat Bantu Penglihatan Jika Diperlukan

Gangguan penglihatan bisa dialami siapa saja. Jika merasa memiliki masalah penglihatan, tidak ada salahnya menggunakan alat bantu seperti kacamata. Hal ini sangat penting. Sebab, gangguan mata bisa menjadi parah jika tidak diatasi dengan alat bantu seperti lensa dengan resep.

Untuk bisa mendapatkannya, datanglah ke dokter mata. Mereka yang bisa meresepkan lensa yang diperlukan. Lalu lakukanlah pemeriksaan secara rutin. Pasalnya, seringkali gangguan mata akan berubah-ubah.

Demikian tips menjaga mata yang bisa Anda terapkan, jika mengalami masalah dalam penglihatan pastikan langsung untuk mengunjungi dokter spesialis mata agar mendapat penanganan yang tepat. (Wulan/Balipost)

BAGIKAN