Rektor Unwar, Prof. Suranaya Pandit bersama jajaran berfoto bersama narasumber kuliah umum dari Central Bicol State University of Agriculture, Phillippines, Rabu (21/6). (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Universitas Warmadewa (Unwar) bersama Central Bicol State University of Agriculture, (CBSUA) Phillippines menggelar International Community Services Program and Guest Lecturer di Ruang Sidang Sri Ksari Mandapa Unwar, Rabu (21/6). Kegiatan yang mengusung tema “Strengthening Capacity of Sarining Trigona Pertiwi Beekeeper And Woman Group (PKK) Through International Networking” ini menghadirkan 3 orang narasumber. Antara lain, Prof. Amelia Reforba Nicolas, Prof. Hanilyn Aguilar Hidalgo, dan Mia Bella Rivera Fresnido, yang dimoderatori Dr. I Wayan Budiarta, SS., M.Hum.

Kegiatan internasional ini akan berlangsung selama 6 hari di Bali. Pengabdian kepada Masyarakat akan dilakukan di dua lokasi. Yaitu, mengunjungi dan praktek panen madu “kela-kela” di Kelompok Sarining Trigona Pertiwi, Desa Bongkasa Pertiwi, Badung dan mengunjungi serta melihat pengolahan Talas di PKK Desa Wanagiri, Buleleng.

Baca juga:  Pertama di Indonesia, Gubernur Koster Wujudkan PLTS Jalan Tol di Atas Laut

Kepala LPM Unwar, Prof. Dr. Drs Wayan Wesna Astara, SH.,M.H.,M.Hum., berharap kegiatan internasional ini dapat mewujudkan visi Unwar, yaitu bermutu, berwawasan ekowisata, dan berdaya saing tahun 2034. Sehingga, kerja sama pada bidang tri dharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat akan terus ditingkatkan. Prodi-prodi yang di Unwar diharapkan bisa memanfaatkan kerja sama ini untuk ikut dalam program sesuai dengan MoU yang dilakukan. Apalagi, tidak hanya dengan Phillippines, Unwar juga akan terus meningkatkan kerja sama dengan negara lainnya. Pada bulan Agustus 2023, Unwar akan menjalin kerjasama dengan Jepang.

Rektor Unwar, Prof. Dr. Ir. I Gde Suranaya Pandit, MP., mengatakan Unwar telah menjalin kerja sama dengan Central Bicol State University of Agriculture, Phillippines sejak 2017 lalu. Berbagai implementasi kegiatan tri dharma sudah dilakukan bersama. Bahkan, Unwar sudah melakukan kunjungan ke Bicol State University of Agriculture, Phillippines. Sehingga, sebagai kunjungan balasan, kali ini Bicol State University of Agriculture, Phillippines melakukan kunjungan balasan ke Unwar. Pada kunjungan ini, Central Bicol State University of Agriculture, Phillippines melakukan International Community Services Program and Guest Lecturer (pengabdian kepada masyarakat dan kuliah umum).

Baca juga:  Ngamuk Bawa Pisau, Pande Cakra Diamankan

Tidak hanya pengabdian kepada masyarakat dan kuliah umum, kehadiran Central Bicol State University of Agriculture, Phillippines juga menjalin kerja sama riset dengan staf di Unwar. “Kerja sama ini akan membawa infact yang luar biasa bagi Warmadewa dalam rangka menyongsong Warmadewa go to ASEAN, Warmadewa unggul, dan kerja sama ini akan memiliki dampak yang luar biasa dan semangat Warmadewa untuk menyongsong era global 2034 yang dimulai dari ASEAN,” ujar Prof. Pandit.

Baca juga:  "Coast Trail Run" akan Digelar di Pantai Pandawa

Prof. Hanilyn Aguilar Hidalgo mengaku senang bisa melakukan International Community Services Program and Guest Lecturer di Unwar. Kegiatan ini serangkaian kunjungan balasan yang sebelumnya Unwar telah berkunjung ke Central Bicol State University of Agriculture, Phillippines. Diharapkan, kerja sama melalui kegiatan internasional ini bisa terus berlanjut. Sehingga, apa yang menjadi harapan dan tujuan masing-masing perguruan tinggi bisa tercapai. Terutama dalam hal meningkatkan tri dharma perguruan tinggi ke depannya. (bns/balipost)

BAGIKAN