Store Manager ACE Hardware Central Parkir Kuta, Kadek Cemara Furi (Rara), dan Store Manager ACE Hardware Living World Denpasar, Putu Ada, menyerakan peralatan kebersihan kepada Pengelola Perizinan UPTD Museum PRB Komang Jaya, mewakili Kepala Unit I Made Artana Yasa, Minggu (25/6/2023). (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Museum Perjuangan Rakyat Bali (PRB), Renon menerima bantuan peralatan kebersihan dari PT ACE Hardware Indonesia Tbk. (ACE), Minggu (25/6). Bantuan yang diberikan ini, menurut Pengelola Perizinan UPTD Museum PRB, Komang Jaya, mewakili Kepala Unit I Made Artana Yasa, sangat bermanfaat menjaga kebersihan lingkungan di sekitarnya.

Dari ACE, Museum PRB menerimaperalatan kebersihan berupa empat tong sampah (volume 120 liter), lima sapu taman dan dua cangkul. Ia mengatakan pihaknya selama ini memiliki peralatan terbatas untuk membersihkan areal di sekitar museum seluas hampir 14 hektare tersebut. Karenanya, peralatan yang diberikan ACE Hardaware ini kepada museum sangat membantu upaya menjaga lingkungan yang bersih dan nyaman.

Guna membersihkan areal museum, pihaknya memiliki 20 tenaga kebersihan. Mereka bekerja mulai dini hari hingga sore atau tergantung even maupun kegiatan di sana.

Baca juga:  Aksi Bersih-bersih di Pantai Padanggalak, Ratusan Kilo Sampah Terkumpul

Sampah-sampah yang ada di sekitar museum dan Lapangan Puputan Margarana, Renon, cukup banyak karena aktivitas warga yang berolahraga maupun bersantai setiap hari cukup banyak. Untuk itu diperlukan banyak tenaga kebersihan dan peralatan yang memadai seperti sapu dan tong sampah. ‘’Sampah cukup banyak jika ada kegiatan di sekitar lapangan, termasuk hari Minggu. Sampah-sampah yang terkumpul ini lalu diangkut ke tempat pembuangan akhir (TPA),’’ jelas Jaya dikutip dari rilisnya.

Menurut Store Manager ACE Hardware Living World Denpasar, Putu Ada, didampingi Store Manager ACE Hardware Central Parkir Kuta, Kadek Cemara Furi (Rara), kegiatan ini sebagai upaya memberi kontribusi sosial untuk lingkungan melalui bersih-bersih di 10 kota di Indonesia, salah satunya di Kota Denpasar. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian program Indonesia Bersih yang secara rutin dijalankan dan merupakan bagian dari program keberlanjutan ACE di pilar lingkungan.

Baca juga:  Semarakkan Harpelnas, ACE Hadirkan Rangkaian Program Belanja dan Sapa Pelanggan

Khusus untuk di Bali, selain menyerahkan peralatan kebersihan, dilaksanakan juga jalan santai, bersepeda bersama sambil memungut sampah, membagikan jus dan balon, serta menghadirkan parade kostum untuk menghibur masyarakat di kawasan Car Free Day (CFD) di Jalan Raya Puputan, Renon.

Ada menambahkan pihaknya mengerahkan sekitar 500 karyawan dari delapan toko ACE di seluruh Bali, tak termasuk Gianyar. Diharapkan peralatan kebersihan yang diserahkan ke Museum PRB ini bermanfaat untuk menjaga kebersihan di sekitar museum dan Lapangan Puputan Margarana, Renon.

Baca juga:  Jaga Stok Ikan Kerapu, Penangkapan dan Budidaya Mesti Sustainable

Sedangkan Head of Corporate Communications PT ACE Hardware Indonesia Tbk., Melinda Pudjo, dalam siaran pers mengungkapkan kegiatan ini merupakan kelanjutan komitmen ACE untuk terus berkontribusi bagi lingkungan serta masyarakat di Indonesia. Selain melalui dukungan alat-alat kebersihan, kali ini ACE juga ingin mendorong gaya hidup sehat dengan berjalan kaki maupun bersepeda bersama.

Kegiatan yang sama juga dilaksanakan di 10 kota selama Juni dan Juli, mulai dari Kota Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Makassar, Bali, Bekasi, hingga Balikpapan. Selain kegiatan tersebut, pada Juni dan Juli 2023 ini ACE kembali menggelar ‘’ACE Boom Sale’’, program promosi besar-besaran yang selalu ditunggu-tunggu setiap tahun. (kmb/balipost)

BAGIKAN