Banjir merendam kawasan Sanggulan, Tabanan pada Jumat (7/7) karena hujan deras yang terjadi sejak Kamis (6/7). (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pada Jumat (7/7) sejumlah peristiwa terjadi. Berikut lima berita yang menjadi atensi pembaca Balipost Online. Ini, cuplikan peristiwa dan link yang bisa diklik untuk membaca lebih detilnya.

1. Hujan Deras Sebabkan Kawasan Sanggulan Terendam, Puluhan KK Ngungsi

TABANAN, BALIPOST.com – Dampak bencana alam terparah akibat hujan deras dirasakan sejumlah warga yang tinggal di kawasan Sanggulan, Desa Banjar Anyar, Kecamatan Kediri, Tabanan. Ketinggian air bahkan mencapai setengah meter.

Sejumlah warga khususnya ibu-ibu dan anak terpaksa dievakuasi sementara ke tempat yang lebih aman. Total ada puluhan KK yang mengungsi di berbagai tempat.

Selengkapnya baca di sini

2. Debit Sungai di Tabanan Naik, Sejumlah Lokasi Kebanjiran dan Longsor

TABANAN, BALIPOST.com – Hujan deras yang melanda Kabupaten Tabanan menyebabkan naiknya debit air sungai dan menimbulkan bencana longsor dan banjir. Salah satu dampaknya dirasakan oleh masyarakat Desa Tibubiu, Kecamatan Kerambitan, dan Desa Beraban, Kecamatan Selemadeg Timur.

Baca juga:  Bali Tambah Kasus COVID-19 di Atas 350 Orang

Sungai Yeh Ho yang meluap memaksa penutupan sementara jembatan penghubung antara kedua desa tersebut. Camat Selemadeg Timur, I P.A. Hendra Manik dikonfirmasi Jumat (7/7) mengatakan, cuaca ekstrem yang terjadi beberapa hari terakhir menyebabkan debit Sungai Yeh Ho meningkat dengan cepat. Jembatan penghubung vital yang menjadi jalur masyarakat setempat sementara tidak bisa dilintasi.

Selengkapnya baca di sini

3. Tak Dapat Dilintasi, Banjir Rendam Jalan Denpasar-Gilimanuk di Gumbrih

NEGARA, BALIPOST.com – Jalan Denpasar-Gilimanuk di Gumbrih, Pekutatan lumpuh akibat banjir yang merendam jalan sehingga tak dapat dilintasi, Jumat (8/7) siang. Hingga berita ini dibuat, kondisi air belum surut.

Baca juga:  Jadi Salah Satu yang Diizinkan Buka Bertahap, TNBB akan Buka Kawasan Ini Lebih Dulu

Banjir ini mendapat penjagaan dari kepolisian, baik arah Gilimanuk maupun Denpasar. Selain air menggenangi jalan hingga tak dapat dilintasi, air juga memenuhi Sungai Gumbrih yang berada tidak jauh dari lokasi banjir.

Selengkapnya baca di sini

4. Tiga Warga Tertimbun Longsor di Desa Tribuana, Dua Belum Ditemukan

AMLAPURA, BALIPOST.com – Bencana tanah longsor yang terjadi di Banjar Dinas Ngis Kaler, Desa Tribuana, Kecamatan Abang, Karangasem menimbun tiga orang warga, Kamis (6/7) malam. Akibat peristiwa tersebut, satu orang telah ditemukan dan dibawa ke RSUD Karangasem.

Proses pencarian kedua korban masih terus dilakukan oleh tim gabungan, Jumat (7/7) pagi ini. Berdasarkan pantauan di lapangan, medan di lokasi kejadian cukup terjal karena rumah berada di bawah jurang. Tanah di lokasi kejadian juga berlumpur.

Baca juga:  Gubernur Koster Harap SDM Bali Kompetitif, Inovatif dan Berkarakter

Selengkapnya baca di sini

5. Tertimpa Pohon, Sejumlah Pelinggih di Pura Bukit Indrakila Rusak Parah

BANGLI, BALIPOST.com – Angin kencang mengakibatkan pohon beringin di Pura Bukit Indrakila, Desa Dausa, Kintamani tumbang, Jumat (7/7). Akibatnya sejumlah bangunan pelinggih yang ada di pura tersebut rusak parah tertimpa pohon.

Perbekel Desa Dausa I Ketut Samiarta mengatakan peristiwa pohon tumbang di Pura Bukit Indrakila terjadi pagi sekitar pukul 06.00 WITA. Sebelum kejadian, wilayah Dausa sempat diguyur hujan dan angin kencang namun hanya sebentar.

Selengkapnya baca di sini

BAGIKAN