Dinas PUPR Kabupaten Gianyar mulai pengerjaan pengaspalan jalur Gagah - Ceking Tegallalang. (BP/Istimewa)

GIANYAR, BALIPOST.com – Di tahun anggaran 2023 Bidang Bina Marga yang membidangi jalan dan jembatan mendapatkan alokasi pendanaan sekitar Rp 91 Miliar. Kabid Bina Marga Dinas PUPR, Made Gede Astawiguna seizin Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Gianyar, Dewa Hartawan, Senin (18/9), mengatakan anggaran dana tersebut antara lain digunakan untuk penanganan 50 ruas jalan lingkungan yang ada di Kabupaten Gianyar.

Astawiguna mengungkapkan, untuk penanganan jalan-jalan kabupaten PUPR dialokasikan dana Rp 17 miliar dan Jalan lingkungan dialokasikan dana Rp 55 miliar. Ini disamping untuk pemeliharaan rutin yang hampir mencapai Rp 6 miliar.

Baca juga:  Komnas HAM Ungkap Pemicu Jatuhnya Banyak Korban di Tragedi Kanjuruhan

Dijelaskannya, untuk perkerjaan ruas-ruas jalan yang ada di Kabupaten Gianyar, untuk jalan lingkungan PUPR tangani hampir sekitar 50 ruas jalan yang tersebar di 7 kecamatan. Dan jalan kabupaten, PUPR tangani hampir 4 ruas jalan dan satu gorong gorong di Kecamatan Gianyar.

Untuk jalan lingkungan sesuai usulan masyarakat contoh jalan Gagah-Ceking pada Tahun 2023 sudah masuk ruas jalan kabupaten. Sebelumnya memang diusulkan masyarakat agar dikerjakan dinas PUPR masih teridentifikasi jalan lingkungan. “Kami kerjakan panjang 450 m dan lebar 3 m,” ucapnya.

Khusus untuk jalan lingkungan di Tegallalang dijadikan satu paket pengerjaan. Termasuk Jalan Gagah-Ceking sebenarnya panjang 2,5 km cuma tahun 2015 masih belum tertangani 450 m dengan lebar 3 m. “Jalan 450 M ini kami selesaikan dengan biaya pengerjaan Rp 600 juta,” tuturnya.

Baca juga:  Nyepi, Pelayaran Sepeken ke PPI Sangsit Ditutup

Total pembiayaan untuk jalan lingkungan di Kecamatan Tegallalang sebesar Rp 8 miliar. Jalan lingkungan ini tersebar beberapa desa di Kecamatan Tegallalang.

Made Gede Astawiguna menambahkan manfaat pengerjaan jalan lingkungan di Kabupaten Gianyar akan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk menditribusikan hasil hasil produksi masyarakat di kawasan pedesaan. Ini seperti produksi pertanian dan kerajinan sebagai sarana transportasi mereka menuju pusat pusat kegiatan ekonomi tersebut.

Baca juga:  Rumah Lantai Dua di Cekomaria Terbakar, Kerugian Ratusan Juta

Kades Tegallalang, Anak Agung Gde Raka Ardana mengatakan masyarakat Desa Tegallalang mengucapkan terima kasih kepada Bupati Gianyar I Made Mahayastra dan Dinas PUPR Kabupaten Gianyar karena jalur Gagah – Ceking Tegallalang sudah mulai dihotmix.

Raka Ardana menambahkan jalur Gagah-Ceking Tegallalang yang kini dikerjakan ini memiliki panjang sekitar 450 m. Masyarakat Desa, pelaku UMKM, pelaku pariwisata di Desa Tegallalang menyampaikan terima kasih kepada Bupati Mahayastra bersama Dinas PUPR yang telah mengupayakan pengaspalan jalur ini. “Jalur tersebut semakin nyaman dilewati masyarakat, pelaku UMKM dan sektor pariwisata,” tuturnya. (Wirnaya/Balipost)

BAGIKAN