Institut Desain dan Bisnis Bali (IDB Bali) membuka Program Magister Desain (M.Ds.). Surat Keputusan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nomor 903/E/O/2023, secara resmi diserahkan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah VIII, Dr. Ir. I Gusti Lanang Bagus Eratodi, S.T., M.T. ke Rektor IDB Bali, Dr. Ni Kadek Suryani, S.E., S.I. Kom., M.M. dan jajaran rektorat IDB Bali. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Institut Desain dan Bisnis Bali (IDB Bali) meraih tonggak sejarah baru dengan resmi membuka Program Magister Desain (M.Ds.). Dengan resmi dibukanya program studi S2 ini, IDB Bali kini menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Bali dan Indonesia bagian Timur yang memiliki Magister Desain.

IDB Bali juga menjadi perguruan tinggi ke-7 di Indonesia yang menawarkan program Magister Desain. Surat Keputusan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nomor 903/E/O/2023, secara resmi diserahkan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah VIII, Dr. Ir. I Gusti Lanang Bagus Eratodi, S.T., M.T. ke Rektor IDB Bali, Dr. Ni Kadek Suryani, S.E., S.I. Kom., M.M. dan jajaran rektorat IDB Bali.

Menurut Rektor IDB Bali, keputusan ini bukan semata-mata sebagai langkah strategis perguruan tinggi, namun juga sebagai respons terhadap kebutuhan industri kreatif di era sekarang dan masa depan. “IDB Bali memahami bahwa peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam bidang desain sangat krusial, dan dengan membuka program Magister Desain, perguruan tinggi ini berkomitmen untuk menjadi pelopor dalam mencetak profesional desain yang kompeten dan inovatif,” jelasnya.

Baca juga:  STD Bali Kini Menjadi Institut Desain dan Bisnis Bali

Ia menambahkan, untuk mendukung program Magister Desain, IDB Bali telah mempersiapkan pembimbing-pembimbing yang merupakan pakar dan ahli di bidangnya serta multidisiplin. Program ini diharapkan mampu mencetak para pemimpin di industri kreatif yang dinamis dan berdaya saing tinggi.

Dalam program ini, mahasiswa tidak hanya akan dipandu oleh dosen-dosen berpengalaman tetapi juga akan diinspirasi mengeksplorasi ide-ide kreatif secara lebih luas. “Langkah penting tersebut bertujuan agar mahasiswa tidak hanya berhasil secara akademis, tetapi juga tumbuh menjadi inovator dan pemimpin yang visioner dalam dunia desain yang terus berkembang,” ungkapnya.

Baca juga:  Dibuka, Pendaftaran Karya Ilmiah "AHM Best Student 2020" Berkonsep Baru

Selain tenaga pengajar yang kompeten, IDB Bali juga telah mempersiapkan fasilitas modern dan terintegrasi yang mendukung proses belajar mengajar. Fasilitas ini mencakup teknologi terkini dan sumber daya yang dibutuhkan untuk pengalaman belajar yang efektif dan menyeluruh.

Dengan lingkungan yang mendukung dan akses ke sumber daya berkualitas tinggi, IDB Bali memastikan bahwa mahasiswa mereka memiliki segala yang dibutuhkan untuk mencapai potensi penuh mereka dalam bidang desain.

Ditambahkan Wakil Rektor II IDB Bali, Gede Yudha Anugerah Pratama, B.AppSc., M.BIT, Program Magister Desain di IDB Bali ini beda dengan yang lainnya. “Program kami berbeda dari perguruan tinggi lain karena kami mengintegrasikan aspek desain, bisnis, teknologi, dan kebudayaan, yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk tumbuh menjadi pemimpin di industri kreatif,” ujarnya.

Baca juga:  Pintu Masuk Bali Masih Dibuka Meski Rentan COVID-19, Ini Penjelasan Kasatgas

Ia mengungkapkan, keistimewaan program ini tidak hanya terletak pada kurikulumnya, tetapi juga pada luasnya pilihan area penelitian yang disediakan. Menurut Wakil Rektor II, IDB Bali menyediakan spektrum penelitian yang sangat luas, meliputi penciptaan desain hingga kewirausahaan kreatif, sehingga memungkinkan mahasiswa lintas jurusan untuk melanjutkan di program Magister Desain.

“Kami memilih pembimbing yang spesialis di bidangnya, tidak kaku, dan selalu memotivasi mahasiswa kami untuk menyelesaikan studi tepat waktu. Sehingga mahasiswa kami mendapatkan bimbingan yang berkualitas dan dukungan yang konstruktif sepanjang proses pembelajarannya,” terangnya.

Dalam upayanya mendukung kemajuan industri kreatif di Indonesia, IDB Bali juga mengumumkan program beasiswa yang dirancang dengan persyaratan yang mudah diakses. Program beasiswa ini diharapkan dapat membuka lebih banyak peluang bagi para calon mahasiswa yang berminat untuk mengejar karir di bidang kreatif dan desain. (Adv/balipost)

BAGIKAN