AMLAPURA, BALIPOST.com – Desa Adat Dukuh Penaban, Karangasem, telah melaksanakan kegiatan Lontar Culture Exsperince. Kegiatan yang baru pertama kali itu dilaksanakan untuk mempromosikan produk-produk lokal yang dimiliki desa adat setempat.

Ketua Panitia Kegiatan, I Nengah Suardana Wiryawan mengungkapkan, kalau kegiatan ini baru pertama kali digelar. Kegiatan sendiri dilaksanakan di Museum Lontar Dukuh Penaban. Diharapkan kegiatan ini menjadi terbaik di sepanjang kegiatan setiap tahunnya ke depannya.

Baca juga:  Cuaca Buruk, Pencarian Nelayan Dihentikan

Sudana mengatakan kegiatan ini digelar berawal dari ide masyarakat Desa Adat Dukuh Penaban. Lewat kegiatan nantinya dapat mempromosikan produk-produk lokal yang dimiliki oleh desa. Lewat event ini juga nantinya mampu mengangkat potensi-potensi yang ada di Dukuh Penaban untuk dijual kepada masyarakat.

Di pihak lain, Bendesa Adat Dukuh Penaban,  I Nengah Suarya menambahkan event ini diakui memang dilaksanakan secara tiba-tiba. Entah itu dorongan dari lontar itu sendiri, akhirnya kegiatan ini akan dilaksanakan. Selama dirintisnya Museum Lontar Dukuh Penaban sejak 2017 lalu, pihaknya belum pernah melaksanakan kegiatan. Dan tahun ini, event ini akhirnya terlaksana.

Baca juga:  Hampir 2 Bulan, Aktivitas Gunung Agung Masuki Fase Turun

Dalam event ini, semua lontar akan ditampilkan. Karena, lontar memiliki histori lama dan bisa berkelanjutan lewat bedah lontar, mengungkap isi naskah lontar, sehingga diketahui oleh masyarakat luas. Dan ini yang akan menjadi pembeda di tempat yang lain. (Eka Parananda/balipost)

Simak selengkapnya di video

BAGIKAN