Rektor Unmas Made Sukamerta bersama sivitas akademika saat menerima visitasi asesor BAN PT. Unmas meraih APT predikat Unggul. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Universitas Mahasaraswati ( Unmas) Denpasar sukses ganda tahun ini. Selain sebagai PTS membuka FK di Bali, Rabu (12/6) Unmas Denpasar sukses memecahkan telur sebagai PTS pertama meraih akreditasi PT dengan predikat Unggul alias Gold di Bali dan Nusra {NTB dan NTT). Di Bali baru Unud yang meraih predikat yang sama.

Kabar baik itu disampaikan Rektor Unmas Dr. I Made Sukamerta, M. Pd., dari negeri Tiongkok , Rabu (12/6) serangkaian menandatangani MoU PT dan Dikti di Tiongkok untuk program internasional.

Dia nengaku bangga bahwa Unmas Denpasar setelah berjuang lima tahun menyandang status APT berpredikat Sangat Baik kriteria 9, kini menjadi Unggul. Ini didukung sembilan prodinya telah meraih akreditasi unggul.

Dengan demikian pemerintah mengakui kualitas input, proses dan output Unmas Denpasar di tingkat nasional.
Pada Jumat lalu aksesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) masing-masing Prof. Dr. Dewi Susanna, M. Kes., Prof. Dr. Adang Suhendra, Prof. Dr. Angkasa, dan Prof. Dr. Made Sudarma, telah melakukan visitasi ke Unmas Denpasar. Hasilnya Unmas Denpasar meraih akreditasi Unggul untuk Akreditasi PT dengan nilai 370.

Baca juga:  Sudah Disegel Pabrik Tahu Kembali Disidak

Pengakuan ini, kata Sukamerta didampingi para Wakil Rektor, Prof. Dr. I Wayan Gde Wiryawan, S.H., M.H., Dr. Nengah Landra, S.E., M.M., dan Dr. Komang Budiarta, S.Pd., M.Hum., M.Pd., berdampak bagi semua prodi untuk segera melakukan internasionalisasi program agar siap dipilih oleh mahasiswa asing. Mahasiswa akan S-2 diarahkan ke Scopus. Termasuk meningkatan sarpras seperti sedang membangun kampus baru FK dan lab di dua lokasi di Denpasar.

Baca juga:  Unmas Denpasar Bantu 1.000 Paket Sembako di Bali dan Sekitar Kampus

Saat ini Unmas Denpasar mengampu 28 prodi, empat di antaranya prodi magister. Dari jumlah itu 9 prodi meraih akreditasi Unggul dan satu prodi terakreditasi A. Unmas memiliki 14 guru besar dan 122 dosen berkualifikasi doktor. Ke depan Unmas akan membuka prodi profesi apoteker.

Ini pas dengan komitmen Rektor Made Sukamerta mencapai visi Unmas Denpasar “Menjadi Perguruan Tinggi yang Bermutu dan Berbudaya” menghadapi Smart Society 5.0.

Rektor Unmas, Made Sukamerta. (BP/Istimewa)

Dia tak lupa mengatakan bahwa sukses luar biasa ini berkat dukungan dan pembinaan Ketua dan Pengurus Yayasan PR Saraswati Pusat Denpasar dan Kepala LLDikti Wilayah VIII, Bali dan NTB.

Kepala LLDikti Wilayah VIII Bali-NTB, Dr. I Gusti Lanang Bagus Eratodi ikut berbahagia dan bangga Unmas Denpasar meraih APT Unggul. Sekaligus pecah telor sebagai satu-satunya dari 104 PTS di Bali dan NTB yang meraih APT Unggul atau Gold. Sisanya 9 PT terakreditasi B, 69 Baik dan 18 PT terakreditasi Baik Sekali.

Baca juga:  Universitas Mahasaraswati Denpasar Serahkan Bantuan Mesin Pembuat Pakan Ikan kepada Pokdakan Ulam Merta Asih

Dikatakannya, bagi PT yang terakreditasi Unggul mendapatkan beberapa fasilitasi kebijakan dari berbagai aspek. Salah satu fasilitasi dari aspek kelembagaan adalah pembukaan program studi melalui kerja sama yang dapat diselenggarakan dengan organisasi atau lembaga atau perusahaan multinasional, perusahaan teknologi global, perusahaan startup teknologi, organisasi nirlaba kelas dunia, institusi/organisasi multilateral. Termasuk bisa kerjasama dengan PT yang termasuk dalam peringkat 100 (seratus) perguruan tinggi terbaik dunia, atau PT milik BUMN/BUMD. (Adv/balipost)

BAGIKAN