Ilustrasi. (BP/Dokumen Pintu)

JAKARTA, BALIPOST.com – Kemajuan teknologi modern membawa banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Salah satunya, instrumen investasi. Setelah banyak orang mengenal cryptocurrency, aset crypto kini menjadi pilihan popular anak muda dalam trading atau investasi.

Meski demikian, untuk menyimpan aset crypto tentu membutuhkan crypto wallet dengan tingkat keamanan yang tinggi. Saat ini telah banyak crypto wallet yang bisa kamu pilih untuk mendukung trading atau investasi dalam aset crypto.

Apa itu Crypto Wallet?

Crypto wallet atau dompet crypto adalah aplikasi atau hardware yang memungkinkan kamu menyimpan atau transaksi crypto. Secara umum fungsi crypto wallet ini sama dengan dompet uang pada umumnya untuk menyimpan uang atau kartu kredit.

Namun untuk aset crypto kamu tidak memerlukan dompet fisik. Sebagai aplikasi digital, dompet crypto dapat diakses melalui perangkat digital baik smartphone maupun computer desktop atau laptop.

Santoshi Nakamoto memperkenalkan dompet crypto ketika ia merilis sistem Bitcoin pada tahun 2009. Bitcoin adalah bentuk mata uang crypto yang paling populer dan banyak digunakan.

Sebagai sebuah aplikasi, crypto wallet diperuntukkan untuk menyimpan aset crypto pada umumnya. Dompet crypto adalah alamat kriptografi unik yang mengidentifikasi dimana uang disimpan di blockchain, buku besar publik yang mencatat dan mendukung semua transaksi yang dilakukan dengan mata uang crypto.

Baca juga:  Buka Pintu Masuk Wisman Berdasarkan Sejumlah Pertimbangan

Cara Kerja Crypto Wallet

Cara kerja crypto wallet berbeda dengan dompet digital lain yang sudah ada, seperti OVO, LinkAja, GoPay, Sakuku, iSaku, dll. Dalam dompet crypto, terdapat dua kunci yang harus dimiliki setiap pengguna, yaitu kunci privat dan kunci publik. Dimana kunci private bersifat publik, sedangkan kunci publik berupa alamat crypto wallet kamu.

Cara kerja dompet crypto dapat dipahami dengan contoh, jika kamu menerima email dari seseorang tentunya harus memberikan alamat email bukan? Namun, memberikan alamat email kepada orang lain tidak berarti orang tersebut memiliki akses ke akun email kamu.

5 Rekomendasi Dompet Wallet Terbaik

1. Pintu Web3 Wallet

Pintu adalah aplikasi crypto terbaik yang berada di bawah bendera PT. Pintu Kemana Saja. Aplikasi ini adalah platform trading dan investasi aset crypto di Indonesia. Aplikasi ini hadir dengan tampilan aplikasi yang intuitif, mudah digunakan, dengan konten edukasi in-app, terutama bagi investor crypto pemula.

Saat ini, Pintu memiliki lebih dari 200 aset crypto yang diperdagangkan serta banyak fitur dan produk unggulan inovatif dan edukatif seperti Limit Order, Auto DCA, Pintu Earn, Referral System, PTU Staking, dan Pintu Kelas Academy.

Baca juga:  Rusak Pintu Harmonika, Maling Leluasa Bobol Warung

Untuk memberikan kemudahan kepada para penggunanya maka Pintu memberikan fasilitas dan fitur yang lengkap. Sehingga saat ini aplikasi Pintu telah memiliki fitur web3 wallet yang aman untuk semua orang. Tampilan yang sederhana tetapi mampu memberikan perlindungan yang tinggi. Pintu juga sudah terdaftar dan diawasi oleh BAPPEBTI, sehingga kamu merasa nyaman dan aman ketika bertransaksi dalam aset crypto.

Berikut Beberapa Keunggulan Web3 Wallet:

Perlindungan Teknologi MPC

Key dibagi jadi beberapa bagian, salah satunya kamu yang simpan. Menghapus risiko satu titik kegagalan (SPOF).

Preview Transaksi

Kamu bisa mendapatkan rincian secara lengkap dari apa yang akan kamu transaksikan di web3.

Deteksi Penipuan

Dengan menggunakan web3 wallet dari Pintu maka kamu akan mendapatkan kenyamanan dan keamanan karena, firewall web3 mampu mendeteksi penipuan yang akan merugikan, kamu akan diberi tahu jika transaksi berisiko penipuan.

Berbagai Pilihan Jaringan

Dengan menggunakan web3 wallet Pintu maka kamu mendapatkan kelebihan berbentuk akses situs web3 di Ethereum, BNB Chain, Arbitrum, dan Polygon dengan mudah. Sehingga kamu memiliki banyak pilihan.

Untuk kamu yang ingin berinvestasi crypto secara mudah, download PINTU sekarang! PT Pintu Kemana Saja dengan brand PINTU merupakan platform jual beli dan investasi aset crypto di Indonesia. Aplikasi PINTU berfokus pada tampilan aplikasi yang intuitif, mudah digunakan, dengan konten edukasi in-app, terutama bagi investor crypto baru dan kasual.

Baca juga:  Menpora Minta Tragedi Kanjuruhan Diinvestigasi

Ayo berinvestasi dan download aplikasi Pintu sekarang!

2. Indodax

Indodax juga memiliki fitur crypto wallet yang menjadi salah satu rekomendasi terbaik di Indonesia. Indodax bukan hanya dompet crypto untuk Bitcoin saja, tetapi bisa menyimpan aset crypto lainnya.

3. Metamask

Metamask adalah salah satu dompet crypto terpopuler yang tidak hanya dapat menyimpan aset crypto seperti Bitcoin atau Ethereum tetapi juga menyimpan NFT. Metamask menggunakan antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan sehingga cocok untuk pemula.

4. Ledger Nano X

Ledger nano merupakan crypto wallet yang masuk jenis perangkat keras yang menawarkan perlindungan cold wallet yang memiliki tingkat keamanan yang tinggi dan kenyamanan dalam menyimpan aset crypto.

5. Elektrum

Jika kamu tidak merasa cocok dengan crypto wallet diatas, kamu bisa mempertimbangkan Elektrum. Crypto wallet ini memiliki kelebihan karena kecepatan dan sederhananya tampilan. Electrum adalah salah satu alternatif terbaik untuk menyimpan aset crypto kamu. (Adv/balipost)

BAGIKAN