Bupati Karangasem I Gede Dana, Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa, Sekretaris Daerah Kabupaten Karangasem I Ketut Sedana Merta memotong pita tanda dibukanya secara resmi Pameran UMKM serangkaian HUT ke-384 Kota Amlapura, Sabtu (22/6) malam. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Bupati Karangasem I Gede Dana membuka Pameran UMKM, Gelar Budaya, dan Pasar Kuliner dalam rangka peringatan hari ulang tahun ke-384 Kota Amlapura secara resmi dibuka. Acara berlangsung selama sembilan hari, mulai 22 hingga 30 Juni di Taman Budaya Candra Bhuana Amlapura ditandai dengan pemukulan gong.

Bupati Karangasem, I Gede Dana mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Karangasem untuk memahami arti penting sejarah kelahiran Kota Amlapura. “Dengan semakin bertambahnya usia Kota Amlapura, saya mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Karangasem untuk bersama-sama memahami arti penting Sejarah Hari Lahirnya Kota Amlapura. Bagaimana seluruh komponen masyarakat mampu menumbuhkan rasa bangga dan ikut memiliki, untuk berperan aktif dalam memajukan daerah,” ujarnya.

Gede Dana mengatakan, tema peringatan tahun ini adalah “Karangasem Jani Wi (Jana Kerthi Wikrama)”. Kata dia, tema ini memiliki makna mendalam yaitu semangat pemerintah dan masyarakat Kabupaten Karangasem dan Kota Amlapura dalam usianya yang ke-384 tahun untuk terus bersinergi, berkolaborasi, serta berinovasi untuk terus berkembang dan berkesinambungan.

“Kita bekerja bersama bergotong royong guna mewujudkan Kabupaten Karangasem Prakerthi Nadi yang sejahtera berkelanjutan dengan potensi yang kita miliki: kerukunan masyarakat, birokrasi profesional, pendidikan berkualitas, serta SDM yang unggul ditopang oleh sektor ekonomi, pertanian, dan pariwisata budaya yang berkualitas,” katanya.

Baca juga:  Kendaraan Barang Dominasi Penyeberangan di Gilimanuk

Menurut, I Gede Dana kalau pameran UMKM, Gelar Budaya, dan Pasar Kuliner dimulai dari tanggal 22 hingga 30 Juni 2024. Dan tujuan pameran ini adalah untuk membangkitkan ekonomi masyarakat kecil di wilayah Kabupaten Karangasem, juga untuk melestarikan seni budaya, musik, dan lagu Bali.

“Gelar Budaya seperti Parade Baleganjur diikuti oleh 8 kecamatan se-Kabupaten Karangasem merupakan perhatian dari Pemerintah Kabupaten Karangasem terhadap keberadaan seni budaya Bali yang setiap tahun akan terus berkembang,” jelasnya.

Dia berharap, acara ini dapat membangkitkan dedikasi masyarakat Karangasem. “Melalui acara Pameran UMKM, Gelar Budaya, dan Pasar Kuliner Tahun 2024 ini diharapkan dapat membangkitkan dedikasi masyarakat Karangasem sehingga tumbuh rasa ingin berbelanja produk UMKM Karangasem yang tentunya dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat Karangasem,” tandanya.

Di akhir sambutannya, Bupati I Gede Dana menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada Kota Amlapura yang ke-384. Di hari yang baik ini saya mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke-384 Kota Amlapura. Semoga seluruh masyarakat Karangasem diberi keselamatan dan kemuliaan jiwa yang berlandaskan filosofis Tri Hita Karana sehingga terwujud kehidupan yang shanti dan jagadhita.

Baca juga:  Desa Adat Kusamba Nantikan Berdirinya Kawasan PKB

“Pada kesempatan yang baik ini, saya juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh panitia dan masyarakat atas terselenggaranya acara ini,” ujar Bupati I Gede Dana.

Untuk diketahui, pergelaran budaya tersebut meliputi Peed Agung dan Kolaborasi Genjek Masal, Drumband, Joged Maasal, Tari Pendet Massal, dan Pragmentari Perjuangan Anak Agung Candra Bhuana. Parade Baleganjur antar kecamatan juga akan diadakan dengan partisipasi Seke Bleganjur dari 8 kecamatan se-Kabupaten Karangasem.

Acara lainnya termasuk Genjek SMP Negeri 2 Abang, Fashion Show dari GOW, Gambuh Desa Adat Padangaji, dan Drama Gong STKIP Amlapura. Hiburan musik akan disuguhkan oleh berbagai artis dan band, seperti Yan Srikandi, Semaya Koplo, Nano Biru, Anak Agung Raka Sidan, Gus Jody, Budiarsa, Tika Pagraky, Yong Sagita, Lingga Jaya, Yasa Sega, Keweh Astrawan dan Seke Liang, Bayu Nirwana, Kak Ely Band, One Band SMA Negeri 1 Amlapura, Gloriuz Band, Blue Haze Band, Agus Music Course Band, Sanggar Seni Galang Kangin SMA Negeri 2 Amilapura, dan Amliapura Music Project dari Gus Lendju,” ungkap Sedana Merta.

Baca juga:  Terus Pantau Proyek Pemerintah, Bupati Dana Minta Kerusakan Kecil Segera Diperbaiki

Di bagian lain, Sekda I Ketut Sedana Merta mengatakan, ada berbagai lomba yang akan diselenggarakan selama pameran, di antaranya Lomba Mixologi Arak, Lomba Tradisional antar sekolah, Lomba Matembang Sekar Alit tingkat SD dan SMP, Lomba Bebanyolan Tunggal tingkat SD dan SMP, serta Pantomim, menyanyi solo, dan tari kreasi tingkat SMP.

“Puncaknya, kami akan mengadakan Grand Final Jegeg Bagus. Untuk pembiayaan penyelenggaraan Peringatan Hari Jadi Kota Amlapura ke-384 bersumber dari APBD Kabupaten Karangasem Tahun 2024 yang tersebar di beberapa OPD terkait. “Kami juga mendapatkan bantuan Dana CSR dari Bank BPD Bali, Bank Mandiri Taspen, dan Bank BJB Cabang Pembantu Badung,” tutupnya. (Adv/balipost)

BAGIKAN