Widminarko (kiri) menerima penghargaan Tokoh Pers dalam peringatan HPN Provinsi Bali 2024, Sabtu (29/6). Dalam perayaan HPN ini juga digelar diskusi dengan tema "Pers Berintegritas, Pilkada Berkualitas." (BP/eka)

DENPASAR, BALIPOST.com – PWI Bali menyelenggarakan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2024, Sabtu (29/6). Acara dipusatkan di Gedung PWI Lumintang, Denpasar dengan menggelar diskusi bertema “Pers Berintegritas, Pilkada Berkualitas.”

Hadir sebagai narasumber Ketua KPU Bali, Ketua Bawaslu Bali, dan Kabid Humas Polda Bali.

Pj. Gubernur Bali dalam sambutan yang dibacakan Kepala Badan Kesbanglinmas Provinsi Bali I Gusti Ngurah Wiryanatha memberi apresiasi pelaksanaan HPN 2024 yang dirangkaikan dengan diskusi jelang Pilkada 2024. “Topik diskusi sangat relevan dengan situasi terkini. Semoga semua pihak terinspirasi untuk ngerombo mewujudkan pilkada berkualitas,” ujarnya.

Pj. Gubernur Bali juga menyinggung partisipasi masyarakat Bali saat pemilu 2024 yang melebihi target nasional. Hal ini diharapkan juga terjadi di pilkada 2024.

Ketua KPU Bali Dewa Gede Agung Lidartawan menambahkan Bali satu-satunya provinsi yang tidak ada gugatan di MK. Ia juga mengatakan lancarnya pemilu 2024 berkat dukungan insan pers.

Baca juga:  Puluhan Batang Kayu Ilegal dan Sopir Truk Ditahan Polisi

Terkait pilkada 2024, mantan Ketua KPU Kabupaten Bangli menyoroti baliho yang dipasang di jalanan.

“Kami ingin mendorong semua calon meminimalkan baliho kampanye. Berapa ton sampah pemilu yang belum bisa dibuang ke TPA karena bahan plastik. Tidak semua senang tempatnya dipasangi baliho. KPU akan fasilitasi kampanye dengan dibuatkan videotron. Ayo buat pilkada di Bali sebagai green election,” ungkap Lidartawan.

Pihaknya juga akan mengadopsi cara debat gaya panglingsir dan memanfaatkan bale banjar. Debat dengan elegan ini tanpa supporter yang teriak-teriak.

Sementara itu Ketua Bawaslu Bali I Putu Agus Tirta Suguna mengatakan ini pertama kali pilkada serentak dilaksanakan. Sinergi dan peran media sangat membantu masyarakat, mulai dari proses tahapan hingga pelaksanaan.

Baca juga:  Bantu Wartawan di Masa Pandemi, BI Salurkan 300 Paket Beras lewat PWI Bali

Bawaslu dengan tupoksinya akan melakukan pencegahan pelanggaran, dengan memberikan imbauan kepada peserta pemilu. “Bawaslu menekankan agar tetap menjaga integritas dan berlaku adil kepada peserta pilkada dan pemilih. Antusiasme masyarakat harus dijaga. Dari awal juga harus dipastikan masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya pada 27 November 2024,” tegas mantan Ketua KPU Kabupaten Gianyar ini.

Dari sisi keamanan, Kabid Humas Polda Bali Kombespol Jansen Avitus Panjaitan mengatakan peran media luar biasa walau tidak masuk penyelenggara pemilu/pilkada. Media massa memberi pengaruh dalam kecepatan informasi. Terkait pengamanan, Polda Bali dan TNI berkomitmen netral dalam pelaksanaan pilkada.

“Ada potensi kerawanan yang sudah dipetakan mulai dari pendaftaran, distribusi logistik, sampai putusan MK. Kami juga melaksanakan Operasi Mantap Praja Agung 2024 dengan melibatkan 2617 personel,” ungkap mantan Kapolresta Denpasar ini.

Baca juga:  Tak Mau Dipermainkan Saudagar, Pengungsi Pilih Titipkan Ternak Sapi

Dalam peringatan HPN 2024 ini juga diserahkan penghargaan Tokoh Pers kepada Widminarko. Widminarko merupakan wartawan senior yang memiliki peran dalam merintis pers di Bali. Kiprahnya di dunia jurnalistik yang sudah puluhan tahun ini juga dituangkan dalam sejumlah buku yang ditulisnya.

Widminarko adalah mantan Ketua PWI Bali 1983-1991. Ia menjadi wartawan Bali Post sejak bernama Suara Indonesia tahun 1965 dengan berbagai jabatan di Kelompok Media Bali Post hingga pensiun tahun 2021.

Penyerahan dilakukan Plt. Ketua PWI Bali I Wayan Dira Arsana bersama Kaban Kesbanglinmas Provinsi Bali.

Diserahkan juga anugerah Sahabat Pers kepada BPBD Bali, BPD Bali, PLN IUD Bali, dan Pelindo. (Ngurah Budi/tokoh)

BAGIKAN