Bupati Karangasem I Gede Dana saat menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba saat acara menutup serangkaian perayaan HUT Kota Amlapura dan Bulan Bung Karno ke-VI di Taman Budaya Chandra Buana, Minggu (30/6) malam. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Perayaan HUT ke-384 Kota Amlapura yang berlangsung apik dengan berbagai persembahan kesenian rakyat dan hiburan. Bupati Karangasem, I Gede Dana, secara resmi menutup seluruh rangkaian perayaan HUT Kota Amlapura dan Bulan Bung Karno ke-VI di Taman Budaya Chandra Buana, Amlapura, pada Minggu (30/6) malam.

Bupati Gede Dana menyampaikan bahwa penyelenggaraan Bulan Bung Karno VI dan Pameran UMKM, Gelar Budaya, dan Pasar Kuliner Tahun 2024 bertujuan untuk memperkuat nilai gotong-royong menuju masyarakat maju dan tangguh serta bangkit untuk menguatkan ekonomi masyarakat Karangasem.

“Tentunya melalui pemberdayaan UMKM dan Industri Kreatif, melestarikan Budaya Bali, bisa menambah kecintaan kita terhadap Bali dan NKRI serta mewujudkan kelestarian lingkungan hidup, beserta isinya,” ujarnya.

Gede Dana mengatakan, kalau pihaknya sangat mengapresiasi semua pihak dan seluruh masyarakat Kabupaten Karangasem yang dengan semangat kerjasama telah ikut menyukseskan kegiatan Peringatan Bulan Bung Karno VI dan Pameran UMKM, Gelar Budaya, dan Pasar Kuliner Serangkaian Peringatan Hari Jadi Kota Amlapura Ke-384 Tahun 2024 dengan sangat meriah dan bermakna.

Baca juga:  Bupati Karangasem Resmikan TMMD ke-119 di Desa Selumbung

“Kepada para pemenang lomba saya ucapkan selamat dan berharap agar terus berkreasi dalam berbagai inovasi untuk dapat mengembangkan bakat dan kemampuannya,” katanya.

Menurut Gede Dana, pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada Panitia, Petugas Keamanan baik dari Kepolisian, TNI, Pecalang Desa Adat Karangasem, Petugas Kebersihan dan seluruh yang terlibat serta mendukung pelaksanaan kegiatan tersebut.

Sementara itu, Sekda Karangasem, I Ketut Sedana Merta, selaku Ketua Panitia Kegiatan, menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan Peringatan Bulan Bung Karno VI dan Pameran UMKM, Gelar Budaya, dan Pasar Kuliner Serangkaian Peringatan Hari Jadi ke-384 Kota Amlapura telah dilaksanakan mulai tanggal 1 sampai dengan 30 Juni dengan berbagai kegiatan, di antaranya touring menggunakan sepeda motor sambil memantau kegiatan fisik Pemerintah Kabupaten Karangasem, serta Upacara Bendera dan berkemah di Monumen Perjuangan Tanah Aron, Desa Bhuana Giri, Kecamatan Bebandem pada 1 Juni.

Baca juga:  Sebelum Ditemukan Meninggal, Lansia Disabilitas Sebar Surat

Berbagai lomba yang diselenggarakan oleh Organisasi Perangkat Daerah Pengampu sesuai bidang masing-masing dan Komunitas/Elemen Masyarakat telah berjalan dengan baik sesuai dengan yang direncanakan. Kemudian pagelaran Peed Agung dalam memeriahkan Hari Jadi ke-384 Kota Amlapura yang terdiri dari Tari Pendet Masal, Drum Band Insan Mandiri, Drum Band, Tari Joged Masal, Genjek, Tari Senam Pancasila, serta Fragmentari “Perjuangan Anak Agung Candra Bhuana” telah berjalan dengan lancar. “Parade Baleganjur antar Kecamatan Se-Kabupaten Karangasem, Pagelaran Budaya, dan Pentas Musik selama kegiatan juga berjalan dengan baik, aman, dan lancar,” sebutnya.

Baca juga:  Bupati Mas Sumatri Mutasi 172 Pejabat Pemkab Karangasem

Dilaporkannya pula bahwa selama pelaksanaan pameran yang diikuti oleh peserta sebanyak 32 rumpun stand UMKM, hasil penjualan yang diperoleh setiap harinya rata-rata sebesar Rp 11.856.000, dan hasil penjualan dari 22 hingga 30 Juni 2024 mencapai Rp106.704.200. Sedangkan peserta kuliner yang terdaftar sebanyak 64 peserta memperoleh hasil penjualan dengan rata-rata per hari sebesar Rp57.282.500, dan hasil penjualan peserta kuliner selama 9 hari tersebut mencapai Rp515.543.000. Sehingga total penjualan UMKM dan kuliner dari 22 hingga 30 Juni 2024 mencapai Rp622.247.200. (Adv/balipost)

BAGIKAN