Pemangku melakukan ritual di Pura Pengubengan Besakih. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Pengempon Pura Pengubengan Besakih, yang ada di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem bakal melaksanakan Karya Aci Purnama Kasa. Serangkaian karya tersebut, jalur pendakian lewat Pura Pengubengan akan ditutup sementara.

Pemangku Pura Pengubengan Besakih, Jro Mangku Nyoman Artawan, pada Jumat (12/7) mengungkapkan serangkaian pelaksanaan karya tersebut, pihaknya menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas pendakian ke Gunung Agung. “Kita sudah sebar luaskan informasi terkait permakluman larangan masyarakat melakukan aktivitas pendakian sementara waktu melalui jalur Pura Pengubengan. Imbauan tersebut mulai berlaku dari 18-24 Juli mendatang,” ucapnya.

Baca juga:  Hari Ini, RSUP Sanglah akan Beri Pelayanan ke Pos Pengungsi

Mangku Artawan mengatakan, imbauan tersebut berlaku khusus untuk jalur pendakian Pura Pengubengan. Sementara untuk jalur pendakian di luar Pura Pengubengan masih tetap bisa dilalui para pendaki.

“Jalur lain masih tetap dibuka, imbauan ini khusus berlaku untuk jalur Pura Pengubengan saja,” katanya.

Menurut Mangku Artawan, larangan itu dilakukan demi kelancaran pelaksanaan karya secara sekala maupun niskala. Maka dari itu, pihaknya berharap masyarakat bisa mengikuti imbauan yang telah dikeluarkan tersebut, sebagai bentuk menghargai pelaksanaan karya serta Ida Bhatara.

Baca juga:  Bandara Ngurah Rai Tutup Sementara, 74.928 Penumpang Terdampak

“Semoga tidak ada masyarakat yang sampai melakukan pendakian lewat jalur Pura Pengubengan selama berlangsung karya. Karena Ida Bhatara tedun pada tanggal 19 sampai dengan nyejer hingga 23 Juli,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakannya, kalau jalur pendakian lewat Pura Pengubengan saat ini ramai dilalui oleh para pendaki yang akan naik ke Gunung Agung. “Setiap hari ada saja yang mendaki lewat jalur ini, apalagi musim liburan sekarang ini cukup ramai sekali naik melalui Pura Pengubengan,” imbuh. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Akan Naikkan Harga Tiket Masuk, Pengelola Kawasan Besakih Sebut Digunakan untuk Ini
BAGIKAN