Warga berada di Pantai Kerobokan yang terletak di Desa Kerobokan, Kecamatan Sawan, Buleleng pada Minggu (14/7). (BP/yud)

SINGARAJA, BALIPOST.com – Ribuan warga dari berbagai desa tumpah ruah memadati Pantai Kerobokan yang terletak di Desa Kerobokan, Kecamatan Sawan, Buleleng pada Minggu (14/7) pagi. Mereka yang datang bersama keluarga ini melakukan upacara Banyupinaruh, sehari setelah perayaan Hari Suci Saraswati.

Pantai Kerobokan sendiri memang menjadi salah satu destinasi warga, khususnya di Kecamatan Sawan untuk melakukan pengelukatan atau penyucian diri. Pantai ini mudah dijangkau dan memiliki panorama yang indah. Bahkan warga sudah berdatangan sejak pukul 05.30 WITA untuk melakukan Banyupinaruh.

Salah satu pengunjung dari Kelurahan Banyuning, Made Wirta (73) mengungkapkan kedatangannya bersama keluarga ini merupakan kegiatan rutin usai perayaan hari suci keagamaan. Sejumlah sarana dan prasarana pun dibawanya, untuk memohon tuntunan dan keselamatan kepada sang hyang baruna sebagai penguasa laut.

Baca juga:  Buleleng Tutup RTH dan Fasum

“Memilih pantai kerobokan karena dekat, view juga bagus dan ombak tenang. Ya semoga usai Banyupinaruh ini memproleh kerahayuan dan bisa melewati serta dianugerahi keselamatan lahir batin,” terangnya.

Hal yang sama juga diungkapkan warga asal Desa Suwug, Made Septiani (23). Ia ke Pantai Kerobokan bersama keluarga. Menurutnya, Pantai Kerobokan saat ini menjadi pantai yang lebih memikat dibandingkan pantai-pantai lainnya.

“Banyupinaruh di pantai ini sepertinya lebih khusyuk, karena cenderung lebih luas dibandingkan dengan pantai lainnya. Apalagi di sini ada pelinggih menjadi lebih mudah untuk bersembahyang,” tandasnya.

Baca juga:  Di Tabanan, Areal Pantai Dipadati Warga

Terkait makna Banyupinaruh, Akademisi Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Mpu Kuturan Singaraja, Dr. I Made Bagus Andi Purnomo, S.Pd., M.Pd menyebut bahwa secara etimologis berasal dari dua kata yakni “banyu” berarti air dan “pinaruh” atau pangweruh yang artinya pengetahuan. Secara filosofis, Banyupinaruh dimaknai sebagai prosesi penyucian badan kasar dan badan halus dengan sarana air. Ada pun air di sini bermakna pengetahuan yang diharapkan mampu menghilangkan kegelapan (awidya) yang ada pada diri manusia.

Baca juga:  Wanagiri Juga Tutup Obyek Wisatanya

Filosofis Saraswati yang dikaitkan dengan Banyupinaruh erat kaitannya dengan simbolisasi pengetahuan seperti air yang mengalir. Melalui prosesi Hari Suci Saraswati, umat Hindu diajak untuk tekun menuntut ilmu pengetahuan, baik itu kerohanian (para widya) dan ilmu material untuk kehidupan (apara widya) demi mewujudkan kebahagiaan di dunia (jagaddhita) dan di alam fana nanti (moksartham).

“Sudah tentu tujuan dan arahnya untuk membersihkan atau menyucikan diri dengan air ilmu pengetahuan, karena pikiran yang kotor atau kegelapan hanya bisa dibersihkan dengan pengetahuan suci,” jelasnya. (Nyoman Yudha/balipost)

BAGIKAN