Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Bambang Trisnohadi meninjau pembangunan Dapur Sehat di Banjar Ramie Saba, Desa Adat Jasri Kelod, Karangasem. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Kodam IX/Udayana mendukung merealisasikan program Dapur Sehat dari Kemenhan RI. Tujuannya memastikan anak-anak mendapatkan makanan bergizi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang yang optimal dan menekan angka stunting. Pada Jumat (12/7), Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Bambang Trisnohadi meninjau pembangunan Dapur Sehat di Banjar Ramie Saba, Desa Adat Jasri Kelod, Karangasem.

Selain itu untuk menyukseskan program ini, Pangdam Bambang memerintahkan perintah kodim jajarannya untuk mempersiapkan dan mendukung pembangunan Dapur Sehat di wilayah masing-masingnya.

Seperti rilis disampaikan Pendam IX/Udayana di Denpasar, Minggu (14/7),  saat meninjau pembangunan Dapur Sehat, Mayjen Bambang bersama rombongan disambut Dandim 1623/Karangasem Letkol Czi Riyan Yustian dan Pimpinan PT Tantra Sukma Negara, Cokorda Gede Agung Adnyana Putra Pemayun sebagai pelaksana proyek pembangunan. Dapur Sehat tersebut akan dikelola Kodim 1623/Karangasem dibangun di atas lahan seluas 2.450 meter persegi dan luas bangunan 400 meter persegi.

Baca juga:  Kapolri Minta Skenario Hadapi Serangan Siber Dipersiapkan Matang

Sedangkan jaraknya sekitar 4 kilometer dari Makodim 1623/Karangasem. Sementara, proses pengerjaannya saat ini masih dalam tahap pemasangan dinding tembok batako, pengecoran tiang, melanjutkan pembangunan pos jaga dan perataan lahan sekitar bangunan serta pemasangan pipa saluran limbah.

Selain memberikan manfaat besar seperti memastikan anak-anak mendapatkan makanan bergizi  untuk tumbuh kembang yang optimal, program ini juga dapat menurunkan angka stunting akibat oleh malnutrisi kronis dan sebagai motor penggerak ekonomi lokal serta menciptakan lapangan pekerjaan. Pasalnya bahan-bahan makanan Dapur Sehat akan memakai produk lokal masyarakat setempat.

Baca juga:  KPU Profesional, Pemilu akan Berjalan Aman dan Lancar

“Dapur Sehat ini menjadi perhatian khusus kita bersama. Karena seluruh wilayah Kodam IX/Udayana atau Bali Nusra baru Kodim 1623/Karangasem yang saat ini menjadi prioritas pertama atau pilot project. Saya titip kepada Dandim untuk dikawal dan diawasi proses pembangunannya yang saat ini pengerjaannya baru  mencapai 35 persen, diharapkan akhir bulan Agustus 2024 sudah selesai dan bisa dioperasionalkan,” tegasnya Mayjen Bambang.

Sementara itu, Kapendam IX/Udayana Kolonel Inf Agung Udayana dalam keterangan persnya menyampaikan setiap harinya Kodim Karangasem menugaskan tiga personelnya terlibat dalam pembangunan Dapur Sehat tersebut. “Program Kemhan RI ini melibatkan kodim-kodim seluruh Indonesia agar distribusi makanan bergizi untuk anak-anak sekolah, pesantren dan balita serta ibu hamil nantinya berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Baca juga:  Coba Akhiri Hidup, Guru SMP di Klungkung Minum Racun Nyamuk

Kapendam menambahkan program ini merupakan langkah konkret dari Kemhan RI dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Diharapkan program Dapur Sehat ini  dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan, terutama pengentasan stunting di masyarakat wilayah Kodam IX/Udayana. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN