Kepala SMK PGRI 5 Denpasar, Ni Ketut Nuka didampingi Wayan Darya Kusuma melepas balon saat membuka PLS bagi siswa baru. (BP/sue)

DENPASAR, BALIPOST.com – SMK PGRI 5 Denpasar kembali mengukir prestasi luar biasa pada PPDB 2024/2025. SMK favorit di Jl. Kenyeri Denpasar menera 736 siswa baru. Para siswa mulai menjalani Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) sejak Senin (15/7).

PLS dibuka Kepala SMK PGRI 5 Denpasar Dra. Ni Ketut Nuka ditandai dengan pelepasan balon bersama Ketua Komite, Drs. I Wayan Darya Kusuma, M.Pd. Dari jumlah itu yang memilih Program Keahlian Kuliner sebanyak 357 orang dan 379 Program Akomodasi Perhotelan.

PLS diisi penganalan studi, ceramah bahaya narkoba dan kesehatan dan matrikulasi program keahlian.

Kasek Ni Ketut Nuka mengatakan jumlah ini terbanyak kedua sejak sekolah ini berdiri 20 tahun lalu. Terbanyak pada 2019 mencapai 915 siswa,namun jumlah kali ini melampaui target yakni 700 siswa.

Baca juga:  Jumlah Penduduk Miskin Bali Alami Penurunan

Kepala SMK PGRI 5 Denpasar, Dra. Ni Ketut Nuka mengatakan mereka sangat tepat sekolah di SMK PGRI 5 Denpasar karena fasilitas sekolah bertaraf internasional. Dia bertekad mengawal pendidikan mereka dengan PBM dan pelayanan bermutu dan berkualitas. “Ini tantangan bagi kami untuk terus menjaga kualitas,” tegasnya.

Dia menjamin siswa baru akan disiapkan menjadi pemilik masa depan terbaik. Sejumlah program penguatan keunggulan disiapkan. Siswa
banyak mendapat kompetensi bisnis digembleng guru profesional.

Semua lulusannya disiapkan menjadi wirausaha muda dengan bisnis berbasis digital. Selama tiga tahun mereka ditempa dengan materi kewirausahaan dan rencana bisnis Usaha Keterampilan Kreatif (UKK).

Baca juga:  Penetapan Tersangka LPD Serangan Tunggu Audit BPKP

Baik di AP dan Kuliner diberi materi tambahan lintas program soal FB dan kepariwisataan sekaligus pengejawantahan penerapan Kurikulum Merdeka Belajar. Sebagai ciri SMK, sekolah ini lebih banyak memberikan praktik dibimbing guru produktif yang profesional di bidangnya dengan program magang yang efektif.

Sukses ini juga berkat kerja keras tim PPDB sekolah serta dibantu para alumni. Makanya hampir 60 persen siswa baru menentukan pilihan pertama tanpa mendaftar ke sekolah negeri.

Baca juga:  Dua Bulan Bersekolah, Siswa Baru di Badung Belum Terima Seragam Gratis

Ketua Komite SMK PGRI 5 Denpasar, Drs. I Wayan Darya Kusuma, M.Pd., bersyukur PPDB tahun ini berjalan berintegritas. Ini berkat kebijakan Pj. Gubernur Bali yang ikut memberdayakan sekolah swasta. Selain itu dia bersama orang tua siswa percaya dengan guru dan kasek sekolah ini memberi pelayanan bermutu. Didukung dengan aluminya banyak sukses di dunia kerja. Apalagi sekolah ini memiliki sejumlah lab hotel, kitchen dan reastoran bertaraf internasional.

Ketua Perwakilan YPLP PGRI Kota Denpasar, Drs. I Nengah Madiadnyana M. M., menegaskan agar PLS diisi dengan kegiatan yang memperkuat siswa jadi SDM yang cerdas, berkarakter dan berbudaya. (Adv/balipost)

BAGIKAN