SEMARAPURA, BALIPOST.com – Kabupaten Klungkung mengusulkan berbagai program dalam memanfaatkan dana pungutan wisatawan asing di Bali. Usulan program itu, sesuai dengan kebutuhan saat ini yang cukup mendesak, seperti perbaikan infrastruktur, baik akses jalan, penataan destinasi, air bersih, hingga penanganan pengelolaan sampah.

Kepala Dinas Pariwisata Klungkung Ni Made Sulistiawati, Selasa (16/7) mengatakan usulan tersebut, sesuai dengan sosialisasi saat PWA ini diterapkan, penggunaannya untuk perlindungan alam dan budaya Bali.

Baca juga:  Tinjau Pasar Galiran Jelang Galungan, Bupati Suwirta Ajak Pedagang Ciptakan Kenyaman

Klungkung cukup menaruh harapan besar pada realisasi dari PWA ini. Mengingat APBD minim, pemerintah selalu kesulitan dalam melakukan kebijakan.

Penjabat Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika mengatakan khusus penanganan akses jalan di Nusa Penida, tahun ini baru ada dua ruas jalan yang pasti mendapatkan penanganan dari APBN. Yakni, Ruas jalan Bunga Mekar-Talibun dengan anggaran Rp 36,7 miliar, sepanjang 6 km dan lebar rata-rata 5,5 meter.

Baca juga:  2019, Penumpang Garuda-Citilink Bisa Nikmati WiFi Gratis di Pesawat

Kedua, ruas jalan Pertigaan Klatak-Lembongan, dengan anggaran Rp 20,6 miliar, dibangun sepanjang 4,44 km dan lebar rata-rata 4 meter.

Sementara untuk akses jalan lain, dikatakan akan ditangani bertahap, karena keterbatasan anggaran. (Bagiarta/balipost)

Tonton selengkapnya di video

BAGIKAN