Upacara---Wakil Bupati Karangasem, I Wayan Artha Dipa mengikuti kegiatan upacara melasti serangkaian Upacara Tawur Labuh Gentuh Lan Panca Walikrama ring Pura Mandhara Giri Semeru Agung, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (15/7). (BP/Istimewa)

AMLAPURA BALIPOST.com – Wakil Bupati Karangasem, I Wayan Artha Dipa mengikuti kegiatan upacara melasti serangkaian Upacara Tawur Labuh Gentuh Lan Panca Wali Krama ring Pura Mandhara Giri Semeru Agung, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (15/7).

Prosesi upacara Tawur Tabuh Gentuh yang dilaksanakan di Pantai Watu Pecak yaitu Bumi Sudha, Yama Raja Parisudha dilanjutkan dengan Melasti lan Ngaturang Pakelem ring segara. Pakelem yang dihaturkan antara lain kerbau, kambing hitam, bebek dan ayam.

Baca juga:  Dari Umat Sembahyang ke Pura Besakih Ramai hingga Mahasiswa Tewas di Jalan Sunset Road

Berjalan dengan lancar upacara tawur tabuh gentuh dan melasti dipuput oleh 3 sulinggih yaitu Ida Pedanda Gede Peling Griya Baleran, Ida pedanda Gede Karang Ngenjung Griya Selat Duda Karangasem, Ida Pedanda Gede Swabawa Jelantik suabawa Karang Adnyana Griya Karang Budakeling serta 2 Romo yaitu Dukun Pandita Sutris dan Romo Dukun Pandita Gatot Harjo.

Wakil Bupati Artha Dipa yang mengikuti seluruh rangkaian pada hari pertama ini mengajak masyarakat untuk pedek tangkil dalam upacara yang dilaksanakan dalam 10 tahun sekali ini.

Baca juga:  Panca Wali Krama Besakih Usai, Masih Ada Jenazah Belum Diambil di BRSU Tabanan

“Upacara ini bertujuan untuk memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar semua umat diberikan kekuatan lahir batin dan kerukunan bagi umat sedarma, yang patut kita jaga dan lestarikan,” ujar Artha Dipa.

Sementara itu, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati selaku manggala Karya menyampaikan prosesi nyejer karya ini akan berlangsung hingga 4 Agustus mendatang, dengan puncak karya pada 20 Juli. “Saya berharap seluruh rangkaian dapat berjalan dengan lancar dan terimakasih juga kami ucapkan kepada seluruh pihak yang berperan dan berpartisipasi dalam rangkaian upacara ini,” ujar Cok Ace. (Adv/balipost)

Baca juga:  Dari Cokorda Gede Rai Berpulang hingga Jasad Bocah Perempuan dan Bibinya Ditemukan di Cubang
BAGIKAN